GuidePedia

0
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEivmyc_0o5ibuUmdSz6k7OrjgCXEssYwzgfv_UgUnEX32dPxqzjSg0rTm_09tjUaO5ySPG6CMP4PdrueiW-4TY7LYmart027I_hZhJpw9hOiMaKt6qmUZgjl5wmwObHl_hTqrq9/s1600/Foto0250.jpg
Islam merupakan ajaran yang mudah dan bersesuaian dengan fitrah. Seperti perintah berpuasa Ramadan, di dalamnya terkandung begitu banyak kebaikan puasa wajib selama satu bulan ini tak akan mengundang celaka bagi para pelakunya, manakala dilakukan sesuai dengan sunnah rasul yang mulia.

Puasa akan memberi dampak positif dalam segala hal, tak terkecuali kesehatan. Rasulullah bersabda, "Berpuasalah, niscaya akan menyehatkan". Puasa itu menyehatkan. Itu tak perlu diragukan. Tak terhitung riset kesehatan yang mendukung sabda Rasulullah di atas.

Ada dua kondisi penyakit, yang amat disunnahkan untuk tidak berpuasa, yakni:

1. Jika berpuasa akan menghambat proses penyembuhan penyakit tersebut

2. Jika berpuasa akan memperberat penyakit tersebut

contohnya diantaranya:

1. Sakit tukak lambung yang kronis, yang kerap diikuti dengan muntah darah

2. Penyakit kencing manis yang tak terkontrol dengan baik

3. Penyakit kronis lain yang tak lagi bisa diharapkan kesembuhannya menurut penilaian medis
Mereka yang mengidap penyakit di atas disunnahkan untuk tidak berpuasa, dan diwajibkan membayarnya, kecuali mereka yang penyakitnya tidak lagi dapat diharapkan kesembuhannya menurut pertimbangan medis oleh seorang dokter ahli. Bagi mereka hanya diwajibkan membayar fidyah.

Jika diantara ada yang mengidap penyakit sebagaimana disebutkan di atas, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan seorang dokter ahli sebelum berpuasa.  
 

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top