GuidePedia

0

Wisbenbae.blogspot.com – Para penduduk di dunia maya belakangan dibuat prihatin dan trenyuh melihat kondisi Loly. Gadis cantik berakun @lolytagstna itu mengunggah sebuah postingan yang membuat netizen langsung menitikkan air mata. Ada apa ya ?


Di jejaring sosial Instagram, Loly berbagi kisah perjuangan hidupnya melawan penyakit ganas yang diidapnya. Ia menceritakan tentang Kanker Sarkoma Ewing, sejenis kanker tulang langka yang menggeroti kakinya.

Dalm sebuah postingan, Loly pun menunjukkan kondisi dirinya yang harus kehilangan salah satu kakinya yang terpaksa diamputasi karena penyakit Kanker Sarkoma Ewing yang dideritanya tersebut. Loly menjelaskan dengan detail bagaimana kanker ganas tersebut muncul menyerang dirinya.

Menurutnya muncul benjolan di kakinya, hingga akhirnya kanker di tulang kakinya tersebut menyebar ke paru-paru. Ia didiagnosa terserang kanker langka yang disebut Sarkoma Ewing atau Ewing’s Sarcoma.


Dilansir dari WebMD, Ewing’s Sarcoma alias Kanker Sarkoma Ewing merupakan jenis kanker langka yang tumbuh di tulang maupun jaringan lunak di sekitar tulang seperti tulang waran dan saraf. Adapun jenis kanker tersebut biasanya menyerang kelompok usia 10-20 ahun dan ditemukan pada 200 anak di Amerika Serikat setiap tahunnya.

Hampir 87 persen Kanker Sarkoma Ewing menyerang bagian tulang, mulai dari tulang paha, panggul, iga, maupun tulang bahu. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit satu ini akan muncul ditulang manapun. Sementara Sarkoma Ewing yang menyerang saraf disebut Peripheral Primitiv Neuroectodermal Tumor (Ppnet).

Sejauh ini belum diketahui secara pasti penyebab Kanker Sarkoma Ewing. Tapi penyakit langka ini tidak diturunkan dalam keluarga dan juga tidak terkait dengan paparan radiasi, zat kimia, dan faktor lingkungan, namun diyakini memiliki ikatan dengan perubahan DNA setelah lahir.

Adapun gelaja yang ditimbulkan dari Sarkoma Ewing yang menyerang Loly ini berupa nyeri dan bengkak, serta kekakuan di area tumubuh tumor. Tak jarang, pilihan amputasi dipilih untuk mencegah sel-sel kanker menyebar ke tempat lain. Namun bisa juga melalui kemoterapi atau bisa pula dengan radiasi (Radioteraphy).

Sumber


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?