GuidePedia

0


CAPTCHA atau Captcha (atau di kaskus kita bilangnya capcay) adalah suatu bentuk uji tantangan-tanggapan (challange-response test) yang digunakan dalam perkomputeran untuk memastikan bahwa jawaban tidak dihasilkan oleh suatu komputer. Proses ini biasanya melibatkan suatu komputer (server) yang meminta seorang pengguna untuk menyelesaikan suatu uji sederhana yang dapat dihasilkan dan dinilai oleh komputer tersebut. Karena komputer lain tidak dapat memecahkan CAPTCHA, pengguna manapun yang dapat memberikan jawaban yang benar akan dianggap sebagai manusia. CAPTCHA umumnya menggunakan huruf dan angka dari citra terdistorsi yang muncul di layar.


Istilah "CAPTCHA" (berasal dari kata bahasa Inggris "capture" atau menangkap) diciptakan pada tahun 2000 oleh Luis von Ahn, Manuel Blum, Nicholas J. Hopper (semua dari Carnegie Mellon University), dan John Langford (IBM). Istilah ini adalah akronim bahasa Inggris dari "Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart" (Uji Turing Publik Terotomatisasi Penuh untuk membedakan Komputer dan Manusia).

intinya ketika tidak ada Captcha, spammer atau hacker dapat membuat program untuk mengisi formulir secara otomatis. Seperti daftar email, dengan begitu ia akan memiliki ribuan email gratis dengan cara yang cukup mudah untuk disalahgunakan. Atau contoh lainnya adalah mengisi polling online secara otomatis dengan cara membuat suatu program pengisi polling dan melakukannya ribuan atau jutaan kali. Akhirnya, polling tersebut menjadi bersifat tidak valid.

Fungsi dari CAPTCHA:

1. Mencegah komentar Spam
Secara umumnya, pemilik website, blog, atau forum tidak hanya ingin kometar webnya terlihat bagus secara penampilan, secara kuantitas, tapi juga untuk menjaga kualitas dari setiap komentar yang ada.

2. Mencegah Spam Bot
Perintah-perintah pemogramannya yang bersifat tetap, maka bot tidak akan dapat membaca Captcha. Rangkaian Captcha yang selalu berubah-ubah tidak memungkinkan di baca oleh bot.

3. Mencegah Flood
Mengirimkan data secara berulang-ulang, atau disebut Flood. Captcha dapat mengantisipasi terjadinya hal tersebut.

4. Melindungi pendaftaran email
Dengan sedikit tulisan di atas semoga anda dapat mengerti dan memaklumi. Jadi, anda tidak perlu membenci, bosan, atau kesal dengan Captcha. Karena pada dasarnya Captcha merupakan suatu proses yang tujuannya untuk memproteksi dari hal-hal yang bersifat merugikan.

Cuma kadang2 yang bikin capctha-nya orang iseng maka bakal ada yg seperti ini :
Contoh Captcha nyusahin:










memang menyebalkan kalau dapat yang seperti itu, tapi ada juga yang lucu lho

contongnya, eh contohnya...:

















ada juga CAPTCHA yang kurang ajar

seperti ini (awas ad BB-nya) ::


















Sumber 

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top