GuidePedia

0


Selain nasi, gandum dan jagung sumber karbohidrat alami makanan bisa diperoleh dari kentang. Kentang jika dimasak dengan benar dan dikonsumsi rutin bisa cepat menurunkan berat badan.

Kentang sering dianggap pemicu kegemukan. Ini karena kentang selalu digoreng dan diberi topping aneka saus yang berkalori tinggi. Menurut WebMD (14/09) kentang justru punya nutrisi yang sangat mendukung penurunan berat badan secara signifikan. 

1. Tidak menyebabkan kegemukan
Kentang sering dianggap sebagai penyebab kenaikan berat badan dan rendah nutrisi. Ilmuan Davis study di University of California menemukan fakta bahwa kentang justru menjadi salah satu makanan yang dapat menyukseskan program penurunan berat badan. Diet kentang ini terbukti efektif dan tetap bisa makan enak, tanpa menghilangkan jenis makanan apapun terbukti dapat mengurangi total kalori.

Penelitian melibatkan beberapa orang yang dibagi dalam 3 kelompok dan masing-masing kelompok diberikan instruksi untuk menambahkan 5 hingga 7 porsi kentang per minggunya pada makanan mereka selama 12 minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga kelompok mengalami penurunan berat badan.


2. Perut kenyang lebih lama
Dalam satu buah kentang berukuran sedang mengandung kalori sekitar 110 g tanpa lemak, ini dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama dibanding mengonsumsi karbohidrat lainnya. Selain kalori kentang juga mengandung serat sekitar 2 g dan 3 g protein. 

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa kentang rebus memiliki nilai tertinggi makanan yang dapat membuat perut tetap kenyang dibanding makanan lain. Kentang dua kali lipat lebih mengenyangkan dibanding roti gandum, ikan, steak, segala jenis buah-buahan dan sayuran.

3. Tinggi Kalium
Kalium bermanfaat sebagai pengontrol gula darah karena kalium dapat menurunkan kadar sodium dalam tubuh. Kalium merupakan alat penting untuk transmisi impuls pergerakan syaraf dan membantu menggerakkan otot. Kebutuhan kalium harian untuk orang dewasa yaitu sekitar 4,700 mg per hari.
Dalam satu buah kentang berukuran sedang mengandung kalium sebanyak 620 mg, angka ini lebih banyak dibanding jumlah kalium dalam pisang. Sehingga mengonsumsi satu buah kentang dapat mencukupi kebutuhan kalium harian dan membantu menjaga tubuh tetap sehat.


4. Mencukupi kebutuhan vitamin C harian
Selain jeruk, lemon atau buah sitrus lainnya kentang juga merupakan makanan sumber vitamin C yang baik. Dalam satu buah kentang berukuran sedang mengandung sekitar 45% vitamin C harian. Angka ini justru lebih besar dibanding vitamin C yang didapatkan dalam satu buah tomat berukuran sedang.

Vitamin C dipercaya sebagai antioksidan, menjaga daya tahan tubuh dan mencegah kanker. Selain itu vitamin C juga dapat membantu dalam pembuatan kolagen alami dalam tubuh, agar kulit tetap sehat.


5. Sumber zat besi
Kandungan zat besi dalam satu buah kentang berukuran sedang dapat mencukupi kebutuhan zat besi harian yaitu sebanyak 6%. Kentang dapat menjadi alternatif alami pengganti daging, khususnya untuk vegetarian. Salah satu fungsi zat besi bagi tubuh yaitu membawa oksigen ke seluruh tubuh sehingga dapat mencegah disfungsi sel dalam tubuh.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?