GuidePedia

0


Makan di malam hari dianggap pemicu gemuk pada tubuh. Jangan khawatir, lakukan tips di bawah ini untuk menghilangkan dugaan tersebut. Tak sedikit orang beranggapan bahwa makan di malam hari merupakan salah satu penyebab obesitas atau kegemukan. Merebaknya anggapan tersebut tentu menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang. Terutama bagi para kaum hawa.

Namun pada kenyataannya, yang perlu diperhatikan saat makan di malam hari adalah porsi menu makanan serta jadwal yang teratur. Faktor menu tak teratur dan konsumsi secara berlebihan menjadi penyebab kegemukkan.

Bagi Aboi yang memiliki kebiasaan makan di tengah malam, tak usah takut gemuk, berikut beberapa tipsnya:

1. Makan dalam porsi biasa
Ingat, saat malam hari dan tidur, tubuh tidak melakukan aktivitas berat. Artinya, tubuh hanya perlu sedikit kalori dibanding kegiatan di siang hari. Maka makanlah dalam porsi kecil atau porsi biasa. Hindari makan malam dalam porsi besar apalagi sampai kekenyangan. Kasihan juga pencernaan yang harus bekerja lebih berat di saat Anda tidur.

2. Makan 3 jam sebelum tidur
Semakin dekat waktu makan dan waktu tidur, semakin sulit tubuh mencernanya. Tidak hanya berpotensi membuat gemuk, tetapi juga memberatkan kerja sistem pencernaan.

3. Hindari kafein
Selain membuat tubuh sulit tidur, mengonsumsi kafein saat malam hari akan membuat tubuh sulit mencerna makanan. Maka minumlah kopi atau kafein jauh sebelum malam. Minumlah susu hangat rendah lemak atau teh hangat menjelang tidur, karena bisa membuat tubuh lebih rileks.

4. Jangan banyak karbohidrat
Sangat dianjurkan memilih makanan seperti buah dan sayur ketika makan malam. Hindari terlalu banyak konsumsi nasi, mie, pasta, kentang dan karbohidrat lainnya.

Saat malam, kadar gula darah cenderung meningkat, dan akan semakin buruk jika Anda memasukkan banyak karbohidrat karena akan diubah menjadi gula. Kadar gula tinggi akan membuat Anda makin mudah lapar di malam hari.

Sumber

lanjutin di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?