GuidePedia

0


Farmasi adalah jurusan yang paling diminati peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri pada ilmu pengetahuan alam dan teknologi. Dari sepuluh program studi yang peminatnya paling banyak, empat studi di antaranya adalah program farmasi.

Jurusan farmasi di Universitas Gadjah Mada ada di urutan ketiga dengan jumlah peminat 5.164 peminat. Lalu ada Studi Farmasi di Universitas Padjajaran di urutan keempat dengan jumlah peminat sebanyak 4.993 orang. 

Lalu di urutan kelima ada Jurusan Farmasi dari Universitas Hasanudin dengan jumlah peminat 4.605 orang. Terakhir ada jurusan Farmasi di Universitas Sumatera Utara yang menduduki urutan kedelapan dalam tabel paling banyak peminatnya di SNMPTN. Jurusan Farmasi USU memiliki 4.430 peminat.

Ketua Pokja SNMPTN Muhamad Zainuddin memaklumi bahwa jurusan farmasi memang salah satu jurusan yang sangat diminati akhir-akhir ini. “Contohnya saja, tahun lalu siswa satu angkatan jurusan farmasi itu hanya ada 100 orang. Pada tahun ini satu angkatannya bisa mencapai 250 orang, “ kata Zainuddin saat dihubungi Minggu, 10 Mei 2015.

Dosen Farmasi di Universitas Airlangga ini pun menilai tingginya minat masyarakat di jurusan farmasi lantaran aturan pemerintah yang diberlakukan pada dua tahun terakhir ini. Aturan itu memberikan peluang tinggi bagi industri untuk menggunakan apoteker dalam pendistribusian obat. “Sekarang setiap transaksi obat harus ada apotekernya. Jadi peluang kerjanya semakin banyak,“ katanya.

Alasan lain adalah kesadaran masyarakat yang tinggi dalam hal penggunaan obat. Sehingga apoteker harus bisa menyampaikan saran dan kegunaan terkait obat yang mereka seharusnya memberikan kesembuhan. “Kebutuhan untuk jurusan farmasi semakin tinggi di dunia kerja,” kata Zainuddin.

Hasil SNMPTN 2015 telah diumumkan secara online pada Sabtu 9 Mei 2015 dan di koran pada Minggu, 10 Mei 2015. Dari 852.093 peminat SNMPTN yang mendaftar tahun ini, yang dinyatakan lulus seleksi baru ada 137.005.

Berikut adalah daftar 10 besar program studi yang paling banyak peminatnya.

Program Studi -- Perguruan Tinggi Negeri -- Jumlah Peminat

1. Teknik Informatika -- Universitas Brawijaya -- 6.774 orang
2. Ilmu Kesehatan Masyarakat -- Universitas Sumatera Utara -- 5.925 orang
3. Farmasi -- Universitas Gadjah Mada -- 5.164 orang
4. Farmasi -- Universitas Padjajaran -- 4.993 orang
5. Farmasi -- Universitas Hasanudin -- 4.605 orang
6. Kesehatan Masyarakat -- Universitas Diponegoro -- 4.5354 orang
7. Ilmu Keperawatan -- Universitas Padjajaran -- 4.481 orang
8. Farmasi -- Universitas Sumatera Utara -- 4.430 orang
9. Ilmu Komputer -- Universitas Sumatera Utara -- 4.360 orang
10. Teknik Informatika -- Universitas Padjajaran -- 4.343 orang
Sumber

lanjutin di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?