GuidePedia

0


Selama ini kita mengenal Provinsi Aceh hanya sebagai daerah konflik, daerah yang pernah diterjang Tsunami serta bencana alam lainnya. Bahkan dipemberitaan dibeberapa media saat ini, aparat sedang gencar-gencarnya memberantas atau menghancurkan ladang ganja yang dikelola oleh segelintir masyarakat disana.

Terlepas dari itu semua, nyatanya masih banyak yang bisa dilihat dari Aceh. Banyaknya tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh para pelancong yang datang. Salah satunya berada di Pulau yang terletak diujung Indonesai tersebut yang bernama Pulau Weh atau yang lebih dikenal dengan nama Pulau Sabang, terlihat dari peta Indonesia, pulau sabang terlihat hanya pulau kecil tetapi disana terdapat banyak tempat wisata yang bisa memanjakan mata.

Berikut ini 7 Tempat yang bisa anda kunjungi ketika berada dipulau Sabang atau pulau Weh.

1. Pantai Kasih 



Pantai Kasih merupakan obyek wisata di Pulau Weh kota Bawah Sabang, hanya berjarak 2 km dari pusat kota Sabang. Pantai Kasih adalah pantai berbatu dengan banyak pohon kelapa di sepanjang semenanjung. Disini akan terlihat hamparan laut luas dengan keindahan sunsetnya, lalu lintas pelayaran kapal barang ataupun perahu nelayan. Hembusan angin laut yang sejuk yang dilengkapi dengan keindahan pepohonan serta pasir putih menjadikan pantai ini sangat cocok bagi orang-orang yang ingin bersantai.

Menurut mitos yang beredar dimasyarakat setempat, jika anda berdoa dengan orang terkasih, pacar, istri ataupun suami maka doa anda akan terkabul. Pantai ini pada sore hari banyak dikunjungi oleh muda-mudi yang ingin menikmati indahnya alam.

Di pantai ini juga terdapat beberapa benteng-benteng tempat senjata berat seperti meriam, peninggalan sejarah Perang dunia II. Selain itu terdapat pula area wisata kuliner yang menyediakan berbagai masakan khas setempat. Beberapa penginapan di pusat kota juga bisa Anda dapatkan.

Pantai ini terletak di Jl.Hasanudin, Pantai Kasih. Sabang.

2. Pantai Iboih 


Berada di ujung barat Pulau Sumatera, Pantai Iboih menawarkan kecantikan alam yang masih alami. Air lautnya begitu jernih, belum lagi jika menyelam, Anda akan disambut dengan kerajaan bawah laut yang megah.

iboih dijuluki sebagai surga bawah laut oleh para pelancong yang datang kepantai tersebut, dipantai ini anda bisa berenang, snorkeling bahkan dengan hanya melihat saja anda akan merasa puas dengan keindahan alam dipantai iboih


3. Pantai Sumur Tiga 


Pantai Sumur Tiga menawarkan keindahan alam bahari dengan lingkungan yang masih alami. Langitnya yang bersih membuat pantai ini menjadi tempat ideal untuk memandangi keindahan matahari terbit. Apalagi pantai ini berada di sisi timur Pulau Weh. Di sisi lain, sepanjang pinggiran pantai ini masih dipadati pepohonan kelapa, yang meneduhkan pada waktu terik matahari menyengat kulit.

Pantai ini pun menyajikan pasir berwarna putih bersih. Pasir membentang panjang lebih dari 2 kilometer. Konon garis pantai ini yang terpanjang di Pulau Weh. Pantai ini memiliki lebar sekitar 15 meter yang cocok menjadi tempat bermain dan berjemur.

4. Pantai Gapang 


Pantai Gapang adalah pantai yang sangat indah, Pantai ini juga masih terjaga kealamiannya, pemandangan laut yang memanjakan mata akan langsung terlihat begitu anda memasuki kawasan Pantai Gapang ini.

Langit dan Lautnya seakan lukisan indah yang terpampang di depan mata anda, anda juga akan merasakan angin laut yang sejuk menerpa wajah, serta pohon-pohon yang menari-nari gembira tatkala teriup oleh hembusan angin. Tahukah kalian semua kenapa Pantai ini di beri nama Pantai Gapang? Itu karena disekitar ini banyak sekali pohon-pohon yang bernama gapang.

Pantai Gapang ini juga memiliki beberapa spot-spot yang amat cocok untuk olahraga snorkeling dan menyelam. Air lautnya yang biru dan jernih membuat anda bisa melihat isi kedalaman laut dengan baik, disekitar areal Pantai Gapang ini juga terdapat beberapa toko alat-alat selam, dimana anda bisa menyewa boat, peralatan menyelam beserta tabung oksigennya, bagi anda yang masih pemula jangan takut, karena anda bisa menggunakan jasa guide yang juga tersedia di toko ini, sangat lengkap bukan.


5. Panorama Pulau Klah di Teluk Sabang 


Untuk menuju ke pulau Klah ini jalur transportasinya adalah menggunakan perahu yang berada di kota Sabang, jadi anda harus menyiapkan segala persediaan camping.

Di pulau Klah tidak ada penduduknya, namun di sana tetap menjadi pulau dengan banyak aktivitas salah satunya adalah aktivitas warga yang memiliki keramba pertenakan ikan kerapu di sekitar bibir pantai, ini tentu saja menjadi pemandangan unik untuk dikunjungi. Bagi anda yang memang bertujuan menuju tempat wisata pulau Klah ini untuk kamping maka sebaiknya persiapkan semuanya dengan matang, mungkin saja anda di sana ingin menikmati ikan kerapu jangan ragu untuk menghubungi orang-orang disekitar pantai. Memang wisata di Pulau Klah bisa menjadi surga bagi anda yang suka melakukan perjalanan di hutan, atau foto-foto pemandangan di sana dan banyak lainnya dengan suasana yang benar-benar natural.

6. Pantai Ujung Kareung 


Pantai yang satu ini bisa dijadikan tempat untuk menyalurkan hobi memancing. Selain itu panorama disekitar pantai ini sungguh memukau mata memandang, dipantai ini anda bisa berenang, snorkeling bahkan dengan hanya melihat saja anda akan merasa puas dengan keindahan alam dipantai iboih

7. Tugu KM 0 Indonesia 

Jika anda berkunjung ke Sabang, belum lengkap jika anda belum mengunjungi Tugu KM 0 Indonesia, disini anda bisa foto-foto sepuasnya. Setiap Turis baik lokal maupun mancanegara yang datang akan mendapat sertifikat bukti telah sampai di KM 0 tersebut.

Tugu Kilometer Nol Indonesia yang diresmikan Wakil Presiden RI, Try Sutrisno pada 9 September 1997 di Kota Sabang, kini semkin menarik tampilannya. Semakin pantas dijadikan tempat berfoto sebagai kenang-kenangan tanda sudah pernah sampai ke titik paling barat Indonesia itu.

Demikian 7 Tempat yang bisa anda kunjungi ketika berada di pulau sabang, masih banyak tempat yang bisa dikunjungi di Aceh selain pulau sabang tersebut.

Mari kita majukan wisata dalam negeri karena di Indonesia masih banyak tempat - tempat indah yang masih belum diketahui oleh khalayak ramai. 


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?