GuidePedia

0


Namanya juga cari duit susah ya bro... apapun dihalalkan. Sampai ngelakuin hal-hal jahat ke banyak orang pun dibenarkan. Perusahaan-perusahaan berikut adalah korporasi gede yang beroperasi secara massive. Nama mereka sudah terkenal di dunia, uangnya pun banyak banget. kalau aja uang yang mereka punya dimanfaatkan buat kebaikan dunia bakalan jadi tempat yang lebih baik dan kita ga bakalan sibuk mengecam mereka, sayangnya uang yang mereka punya malah jadi alat untuk ngerebut hak hidup orang dan ngeraup lebih banyak untung lagi. Mungkin beberapa korporasi yang kita sebutkan ini sudah kembali ke jalan yang benar sekarang. namun mereka pernah melakukan kesalahan yang ga bisa begitu saja dimaafkan dan harus kita awasi selalu. Ayuklah kita mulai!


De Beers 

Pernahkah kamu membelikan Berlian untuk pacarmu? Apakah tabungan kamu habis setelah membeli berlian itu? Tahukah kamu bahwa Berlian yang bersinar indah itu sebetulnya hanya sekedar material biasa yang ga seberapa spesial atau langka dan gak punya nilai jual kembali yang bagus? Kamu pasti gak tau soalnya seisi dunia sudah dicuci otaknya oleh perusahaan Berlian terbesar di dunia De Beers. Yap. De Beers sebagai penguasa pasar berlian yang sangat dominan di dunia diketahui telah menaikan derajat berlian dari bebatuan yang cenderung mudah didapat menjadi perhiasan super mahal yang selalu diinginkan wanita. Lewat serentetan Advertising di masa lalu. Monopoli De Beers juga nampak dalam aksi menimbun stok berlian dan membuatnya “langka”. imej Berlian menjadi sesuatu yang prestise kini sudah sangat kuat dan susah dilbantah orang-orang, padahal dalam proses mendapatkan berliannya De Beers seringkali memburu wilayah konflik di Afrika, mempekerjakan budak sebagai pencari berlian dan memperparah kehidupan disana dengan intimidasi. Coba tonton Blood Diamond yang dimainkan Leonardo DiCaprio dengan aksen bahasa Inggris yang kagok buat referensi awal. 

Bersyukurlah kalian para jomblo karena kalian gak perlu pusing cari duit banyak buat beli berlian buat ngelamar si pacar. 

Bayer 

Screen Shot 2013-02-21 At 8.09.16 Pm

Produsen obat-obatan asal Jerman ini punya sejarah yang sangat panjang dan kelam. Selain telah mencemari Eropa dengan gas-gas pabrik beracun selama bertahun-tahun, menjadi rekan Nazi dengan menyediakan gas dan berbagai peralatan eksperimen yang membunuh jutaaan nyawa di kamp konsentrasi Nazi, Bayer juga memproduksi massal obat-obatan eksperimental yang berbahaya seperti Trasylol. Dan bahkan menjadi salah satu pencipta dan pendistribusi Heroin. Tapi yang paling mencengangkan adalah fakta bahwa Bayer pernah menjual obat-obatan yang terkontaminasi HIV AIDS. Lebih dari 10.000 orang di Amerika Serikat terkena HIV gara-gara drugs ini. Setelah mengtahui hal itu, bukannya memusnahkan produk tersebut, Bayer malah menarik semua produk tersebut dari Amerika untuk dipasarkan ulang di negara-negara Asia dan Amerika Latin.That’s just fucked up! Baru-baru ini CEO Bayer membuat pernyataan bahwa perusahaannya sedang membuat obat untuk kanker tapi hanya akan merilisnya untuk orang-orang kaya yang mampu menebusnya dengan harga yang sangat mahal. Kesimpulannya, jika suatu saat Zombie Apocalypse benar-benar terjadi, kita bisa nebak bahwa Bayer yang menjadi pemicunya. 

Nestle 

Selintas kita melihat logo Nestle yang berkesan damai dan menganggap Nestle sebagai perusahaan yang relatif aman dan friendly. Kenyataannya Nestle adalah sebuah perusahaan yang sangat besar dan cukup brutal dalam menghadapi pesaingnya. Nestle menguasai industri air minum dalam kemasan karena mereka adalah salah satu perusahaan pertama yang “merebut” sumber mata air di seluruh dunia untuk mengemasnya menjadi produk jualan yang masih sangat menguntungkan sampai sekarang. Dengan melakukan praktek ini Nestle sudah menyangkal bahwa Air Minum itu adalah hak bagi tiap manusia dan menjadikannya komoditi dagang yang profitable. Nestle juga diketahui banyak memiliki kebun coklat yang diisi oleh budak anak. Bukan hanya itu, Nestle suatu waktu juga pernah mempromosikan dengan gencar susu formula buatannya dengan mengklaim susu buatan itu lebih baik dari susu ibu. which is bullshit. ASI is the best!


Mau ngeboikot Nestle? Sangat susah karena Nestle punya sangat banyak produk yang dijual bebas di negara kita.
 
FIFA 


Dari dalam negeri, PSSI emang shitty abis, tapi jadi gak heran kalau kita tau bahwa induknya yaitu FIFA yang ngurusin sepakbola dunia, ternyata gak kalah busuknya. FIFA termasuk korporasi paling korup dan greedy. Sepp Blatter udah menjabat terlalu lama dan bisa ngebeli semua anggota FIFA buat tunduk sama dia, lalu Qatar terpilih jadi penyelenggara Piala Dunia 2022 dengan proses yang aneh dan mencurigakan, terusnya nih, Piala Dunia di Brazil kemaren jadi contoh dimana tuan rumah “dipaksa” membangun infrastruktur dengan dana sendiri (yang pas-pasan) mengabaikan regulasi keamanan dalam membangun yang akhirnya bikin banyak nyawa pekerja berguguran karena kondisi pekerjaan yang dikebut ngejar deadline. Piala Dunia akhirnya menghasilkan banyak uang dari sponsorship dan hak siar, yang mana akhirnya semuanya masuk ke rekening FIFA. Brazil kebagian apa? Cuma 10% dari Profit FIFA, Stadion-stadion nganggur, infrastruktur yang rusak karena dibangunnya maksa, hutang negara yang bertambah, dan kekalahan 1-7 dari Jerman. Pedih. 

Ngeri-ngeri ya? Kalo versi lokalnya sih kita bisa nyebut Lapindo dan beberapa perusahaan Bakrie lain yang dikenal keji terhadap karyawannya sendiri dan bahkan bikin satu kota kena musibah. Banyak juga perusahaan-perusahaan tambang yang menambang dengan liar dan perusahaan-perusahaan yang melakukan Ilegal Logging. Yuk diskuiskan soal evil corporations ini. Sebutkan juga perusahaan paling evil di dunia versi kamu! 



Post a Comment Blogger

Beli yuk ?