GuidePedia

0

Formasi F-35










Refueling F-35 B









Wakil Presiden AS Joe Biden menyampaikan pidato di Washington 23 April 2015 pada perayaan Hari Kemerdekaan Israel. Dia mengumumkan bahwa pada tahun 2016, Amerika Serikat akan memberikan dua Fighter F-35 Joint Strike ke Israel.

Biden menyatakan jet siluman F-35s akan beroperasi penuh untuk pertama kalinya pada tahun depan di Timur Tengah. Akankah F-35 benar-benar mengubah pendekatan tradisional dalam perang di Timur Tengah?.

Pertanyaan ini tepat waktu karena dalam beberapa tahun terakhir kita melihat Timur Tengah terus terseret ke situasi “militer” dengan perang sipil yang sedang berlangsung di Suriah, perluasan ancaman Negara Islam ke Afrika dan Afghanistan, bentrokan di Yaman, meningkatnya perpecahan dan kelompok sektarian, serta konflik Iran- Israel.

Sebenarnya, tidak mengherankan bahwa Israel akan menjadi yang pertama sebagai pengguna F-35 di Timur Tengah. Hak Israel berakar pada ketaatan pemerintah AS pada prinsip “qualitative military edge,” yang disepakati pada masa Presiden Lyndon B. Johnson (1963-1969). Menurut prinsip itu, AS harus mempertahankan supremasi militer, kepemimpinan dan taktik Israel di Timur Tengah, karena Israel vital bagi kepentingan Amerika Serikat.

Kementerian PertahananIsrael mengumumkan pada bulan Februari bahwa mereka telah menandatangani perjanjian dengan Lockheed Martin untuk membeli 14 jet tempur F-35 dengan harga USD 100 juta untuk setiap pesawat. Para pejabat Israel mengatakan tujuan mereka adalah memiliki dua skadron pesawat F-35 yang masing masing skadron berisi 25 pesawat dan terpenuhi pada tahun 2021.

Setelah tahun 2016, dengan F-35 memungkinkan Israel selangkah lebih maju dalam supremasi udara. Ini tentu menimbulkan risiko keamanan tambahan untuk lawan-lawan Israel. Mengingat supremasi teknologi dari F-35, kesenjangannya tidak dapat diatasi dengan cara militer konvensional. Musuh Israel kemungkinan akan menutup kesenjangan ini melalui cara-cara yang tidak konvensional seperti terorisme, pasukan paramiliter termotivasi ideologis dan serangan cyber pada infrastruktur penting. Meskipun F-35 mungkin mematikan untuk sebuah negara-bangsa, namun F-35 tidak akan efektif terhadap warga sipil yang dilengkapi AK-47, dengan sebuah ideologi ekstrim yang bersedia untuk mati.

Peningkatan jumlah F-35 di Timur Tengah akan mengurangi ketergantungan AS pada pangkalan udara Incirlik Turki, yang telah menjadi subyek perselisihan politik. Kehadiran F-35 Israel ini akan memiliki efek strategis hubungan AS-Turki.

Munculnya F-35 di Timur Tengah akan mengubah lingkungan keamanan di kawasan itu. Namun menilai peran F-35 hanya melalui lensa kemampuan militer, bisa menghasilkan kesimpulan yang menyesatkan.

Kehadiran F-35 akan menciptakan wacana teknologi militer yang baru dalam konflik regional – wacana yang akan mempengaruhi budaya strategis dari negara pengguna, sehingga mengubah cara mereka dalam berperang.

Sistem senjata yang berteknologi tinggi seperti F-35 mulai beroperasi, satu pertanyaan yang semakin penting dalam hal pertahanan militer: Jika teknologi adalah jawabannya, lalu apa pertanyaannya?.

(Metin Gurcan/ Columnist). 


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top