GuidePedia

1


Sebelumnya Aing pernah membahas beberapa kabupaten di Jawa Timur seperti Kabupaten Nganjuk dan Kediri, kali ini Aing akan membahas Kabupaten Trenggalek yang tak kalah menariknya dengan kota-kota lain yang ada di Jawa Timur.

Tak hanya Pacitan dan Banyuwangi saja yang punya wisata pantai. Trenggalek juga memiliki wisata pantai yang tak kalah indah karena berbatasan langsung dengan pantai selatan. Mau tahu apa sajakah tempat wisata serta pantai-pantai yang ditawarkan oleh Kabupaten Trenggalek? Simak ulasan Aing berikut ini.


1. Nikmati ramahnya ombak dengan menyambangi Pantai Ngulungwetan

Pantai Ngulungwetan via www.ilovetrenggalek.com

Pantai Ngulungwetan ini memiliki pasir yang putih, ditumbuhi pohon kelapa serta pepohonan yang membuat bibir pantai ini terlihat sejuk dan adem. Pantai ini terletak di Desa Ngulungwetan, Kecamatan Munjungan atau sekitar 66km dari arah selatan kota Trenggalek.

Ombak yang ada di pantai ini juga tak terlalu besar sehingga memungkinkan pengunjung untuk bisa berenang dan bermain air di pantai ini. Apalagi jika kamu datang di sore hari, kamu akan bisa menyaksikan indahnya matahari tenggelam di pantai ini. Cocok sekali jika dikunjungi bersama orang tersayang bukan?


2. Pantai Prigi adalah surganya mereka para penggemar makanan laut

Jernihnya Pantai Prigi via wisatarentalmobil.com

Disinilah surganya para penggemar sea food. Pasalnya, kamu akan menemukan banyak sekali nelayan di pantai ini yang kembali dengan tangkapannya. Fasilitas yang disediakan pun sudah cukup memadai. Terlihat dari banyaknya hotel, restoran, serta sarana olahraga. Jadi tak perlu bingung-bingung jika ingin mencari penginapan serta urusan mengisi perut.


3. Pantai Karanggongso adalah pantai yang terkenal dengan warna pasirnya yang putih

Pantai pasir putih Karanggongso via travel.detik.com

Pantai ini terkenal pula dengan sebutan pantai pasir putih, dan letaknya tak jauh dari Pantai Prigi, yaitu sekitar 3 km ke arah timur. Air laut yang jernih disertai dengan pasir yang putih, serta rimbunnya pohon kelapa yang melambai tumbuh di bibir pantai menambah sensasi sejuk serta tenang. Apalagi di pantai satu ini sudah terdapat persewaan perahu, banana boat, serta jet ski. Jadi sangat cocok sekali dijadikan sebagai tempat wisata keluarga.


4. Menikmati kealamian dan ketenangan Pantai Damas


Adalah salah satu pantai yang masih perawan, alias masih alami. Letaknya hanya berjarak sekitar 5km dari Pantai Prigi. Suasana pantai yang nyaman akan membuat kamu betah berlama-lama bermain air maupun sekedar berjemur dibawah terik mataharinya.


5. Pemandangan laut dan air terjun bisa kamu rasakan sekaligus di Pantai Pelang

Air terjun di komplek Pantai Pelang via travel.detik.com

Mungkin pantai ini adalah satu-satunya pantai yang memiliki air terjun. Terletak di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, atau sekitar 56km di arah barat daya Kota Trenggalek. Ombak di pantai ini terkenal cukup besar. Oleh karenanya, wajib bagi kamu untuk tetap berhati-hati jika berkunjung ke pantai ini. Pantai pelang juga memiliki sebuah pulau kecil di bibir laut, yang sekilas terlihat seperti Tanah Lot di Bali.


6. Tak perlu lagi pergi ke Bali, pasalnya sekarang ini kamu bisa surfing di Pantai Blado

Pantai Blado via 1001wisata.com

Jika kamu adalah pemburu ombak yang haus akan petualangan, pantai Blado bisa menjadi tempat pilihan vakansimu. Karena ombaknya yang terkenal cukup besar, pantai ini biasa dijadikan sebagai tempat bermain surfing atau berselancar. Letaknya tak jauh dari Pantai Ngulungwetan, yaitu di Desa Munjungan Kecamatan Munjungan, 49 km arah selatan dari kota Trenggalek. Fasilitas yang ada di pantai ini juga sudah cukup memadai dengan adanya pondok wisata, area parkir, serta fasilitas penginapan.


7. Sisa-sisa Candi Brongkah menunjukkan bahwa Trenggalek memiliki peradaban yang cukup tua

Sisa-sisa candi via travellers2009.wordpress.com

Dinamakan Candi Brongkah karena letaknya di Dusun Brongkah, Desa Kedung Lurah, Kecamatan Pogolan, Trenggalek. Letak candi ini tak jauh dari Pantai Prigi. Pada awal ditemukannya, ada sebuah arca yang menggambarkan sosok wanita, dan juga arca yang menyerupai seekor sapi, serta lempengan yang bertuliskan huruf kuno, yang semuanya telah dipindah ke Museum Trowulan. Jadi jangan heran jika kamu hanya akan menemukan bongkahan pondasi berupa batu bata saja. Candi ini terletak sekitar 3m dari permukaan tanah, ditemukan ketika sang pemilik tanah ingin membuat sumur.


8. Menyambangi kelelawar di Gua Lowo, sembari mengagumi megahnya gua terbesar di Asia Tenggara

Gua terbesar di Asia Tenggara via travellers2009.wordpress.com

Lowo, dalam bahasa Indonesia berarti adalah kelelawar. Disebut Gua Kelelawar karena pada zaman dahulu ketika pertama kali ditemukan terdapat banyak sekali kelelawar di dalam gua ini. Kamu akan disambut dengan pemandangan stalagtit dan stalagmit ketika mulai masuk ke dalam mulut gua. Letaknya tak jauh dari Pantai Prigi.

Pada tahun 1984, Gua Lowo ini dinisbahkan sebagai gua terbesar di Asia Tenggara oleh dua ahli gua terkenal Mr. Gilbert Manthovani dan Dr. Robert K. Kho. Tak heran karena memang gua ini memiliki panjang sekitar 800m dan terdiri dari 9 ruangan besar, serta beberapa ruang kecil.


9. Jika perutmu sudah mulai keroncongan, cicipi lezatnya Nasi Geghog khas Trenggalek

Sego Gegok khas Trenggalek via rizkianadwi.blogspot.com

Nasi yang disajikan bersama dengan ikan teri yang mengandung cita rasa pedas akan menyambut lidahmu ketika kamu mencoba untuk menyantapnya. Nasi Geghog dibuat dengan cara yang cukup sederhana, yaitu dengan membungkus nasi setengah matang diberi sambal teri, lalu dimasak kembali selama 15 menit hingga matang sempurna. Konon karena saking pedasnya, makanan ini mampu melegakkan hidung yang mampet, serta meredakan sakit kepala. Jika memang demikian, kamu yang hobi makan pedas tak ada salahnya mencoba.


10. Bungkus oleh-oleh khas Trenggalek berupa guruhnya Tempe Kripik

Kripik khas Trenggalek via eastjava.com

Sebagai penutup, bawalah oleh-oleh berupa tempe keripik yang digoreng kering. Rasa renyah dan gurihnya akan langsung terasa memenuhi mulutmu. Cocok juga dijadikan sebagai pengganti kerupuk dan dijadikan teman makan malammu.

Itulah beberapa keelokan dan wisata kuliner khas Trenggalek. Jika ada tempat wisata maupun makanan yang belum disebutkan, silakan tambahkan di kolom komentar ya.

Kredit gambar utama oleh http://trenggalek.org/

Sumber

lanjutin di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?