GuidePedia

0


beberaapa websites kadang ada yg meminta akses ke lokasi aboi sehingga mereka bisa menyuplai informasi yg lebih detail. Contohnya, kalo aboi nyari pompa bensin misalkan, sebuah website peta akan menggunakan lokasi geografi terkini aboi untuk menampilkan beberapa pom bensin di sekitar aboi sekarang tanpa perlu lagi ngetik koordinat.


Google Chrome hanya akan membagi lokasimu kalo aboi klik Allow.

Bagaimana cara sebuah browser menentukan lokasi aboi ?

Sebelumnya, sebuah website akan menggunakan alamat IP untuk menentukan lokasi perkiraan aboi tapi dengan HTML5 Geolocation API, web browsers bisa lebih tepat mendeteksi lokasi aboi dengan menggunakan data dari GPS, jaringan Wi-Fi , menara BTS, Bluetooth dan alamat IP komputer. Jika aboi setuju untuk berbagi lokasi dengan browser, mereka langsung mengirimkan ke Google Location Services untuk memperkirakan lokasi aboi yg kemudian dibagi dengan website yg meminta tadi.

Contohnya,bukalah aplikasi Where am I di browser aboi, ijinkan untuk menggunakan informasi lokasi aboi sehingga app ini bisa menampilkan garis bujur dan lintang (akan lebih akurat bila menggunakan mobile browsers karena mereka sudah dilengkapi dengan GPS).

Bagaimana memalsukan koordinat Geolokasi aboi

Kalo aboi pas masuk ke website yg meminta lokasi aboi,  browser akan emnanyakan sebuah konfirmasi sebelum membagi lokasi aboi. Kalo aboi kaga mau membagi koordinat geografi aboi, aboi tinggal olak ajah atau kalo aboi nggunain Google Chrome, aboi bisa mengirim lokasi palsu ke website itu.

Begini loh caranya. Pas di Google Chrome, tekan Ctrl+Shift+I di Windows, atau Cmd+Opt+I di Mac, buat ngebuka Chrome Developer Tools. Sekarang tekan tombol Esc (escape) buat ngebuka Console window. Ganti Emulation tab dan pipihlah Sensors option di sidebar kiri.

Ini yg harus aboi centang “Emulate Geolocation coordinates” dan tulislah garis koordinat lokasi aboi dengan tepat seperti yg aboi inginkan. Aboi bisa nggunain Postal Address finder buat tahu garis bujur-lintang semua tempat di dunia.

Sekarang refresh halaman webnya dan halaman itu akan mengartikan lokasi palsu aboi tadi. Pastikan bahwa panel developer tools selalu terlihat sehingga tidak akan mengganti geolokasi aboi.

Pilihan memalsukan geolokasi aboi tidak tersedia di Mozilla Firefox DevTools tapi jangan cemas, abi masih bisa gunain addon Geolocator buat ngirim lokasi yg aboi sukai ke HTML5 Location API.




Sumber

lanjutin di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top