GuidePedia

0




Lihatlah foto2 ini. jelas kalo mereka sudah kuno, tapi warna-warninya bikin mereka tidak sekuno itu kan? Mungkin pertama aboi kaga mempercayainya, tapi foto2 ini sudah berumur 102 tahun loh.

Ini awal2 foto mulai berwarna, prosesnya bernama Autochrome Lumiere, menggunakan lembar kaca fotografi yg dilapisi pakai bubuk kentang. Sehabis dilapisi, kemudian difilter pakai dyes.

Untungnya sih plat yg sama digunain juga untuk pemrosesan foto hitam putih, jadi tidak perlu peralatan khusus lagi. Syukurlah ada proses itu, sehingga gambar2 menakjubkan dari tahun 1913 ini tiba-tiba nih bisa kita saksikan sekarang. Foto ini diambil oleh seorang teknisi sekaligus fotografer Inggris dan  Mervyn O'Gorman pada tahun 1913. Modelnya tak lain dari anak ABG perempuannya sendiri Christina.






Gambar pantai ini diambil di Lulworth Cove daerah Dorset, England. Di sana berkabut, rasanya seperti hasil lukisan karena ekspose panjang yg diperlukan dalam proses ini.




Di gambar ini dia memakai baju renang jaman tahun 1913 , dan ini pilihan yg bagus karena merah sangatlah mudah ditangkap dalam proses pengembangan ini. Mereka bisa dicetak sangat jelas. Dan tampak menyolok diantara warna2 netral di pemandangan latarbelakangnya.




Kalo lu gak Aing kasih tau, lu pikir ini foto dari instagram dengan filter yg luarbiasu kan ?



Di sebelah kanan, aboi bisa lihat tuh kotak item. Itu tas kamera si O'Gorman's .




Kalo baju renang di foto2 sebelumnye menggambarkan model tahun itu, maka gambar2 Christina di kebon bener2 berasa modern. Dengan rambut panjangnya, gaun melambai, dan baju berkerah, Christina tampak seperti berada di rumah di tahun 1970-an.






ABOI juga bisa melihat bagaimana si O'Gorman bereksperimen dengan warna dan komposisi di sini, menggunakan warna kontras merah dari bunga dan baju biar tampak menonjol di antara warna hijau kebon. kalau di mode hitam-putih, warna-warni ini tampak datar dan komposisinya akan tampak berbeda sekali.





O'Gorman sendiri meninggal pada tahun 1958 setelah memantu mengembangkan beberapa teknolgi terbaru fotografi. Di tahun 1909, dia menjadi mandor di the Royal Balloon Factory, yg kemudian menjadi Royal Aircraft Factory. Dia juga sempat menikmati penemuan baru , mobil dan bahkan menerbitkan buku panduan mobil. Sedangkan buat Christina sendiri sangat sedikit yg diketahui tentangnya, tapi dia akan abadi lewat foto2 ini. 


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?