GuidePedia

0


Kuota dalam paket internet mengacu pada batasan data yang bisa digunakan untuk proses upload atau download. Jika kuota habis, koneksi internet akan putus.

Wisbenbae.blogspot.com - Perkembangan teknologi harus diakui juga mempengaruhi cara manusia berinteraksi dan mengubah kebutuhan manusia dalam keseharian. Contoh yang paling mudah adalah telepon seluler.

Ketika yang masa kejayaan featured phone, yang dikuasai Nokia, kita hanya butuh pulsa untuk berkomunikasi via panggilan suara dan pesan singkat. Saat ini, ketika smartphone yang jadi raja, pulsa saja tak cukup. Kita butuh data internet agar bisa mengakses sosial media, melakukan panggilan video, dan berbagi foto.

Kini data internet lazim dijual dalam paket berbasis kuota. Ada kuota harian, mingguan, dan bulanan. Kuota dalam paket internet mengacu pada batasan data yang bisa digunakan untuk proses upload atau download. Jika kuota habis, koneksi internet akan putus.

Lalu, mungkin kamu pernah bertanya, mengapa ada kuota? Kenapa tidak dibuat unlimited saja? Ada beberapa alasan kenapa ada kuota dalam paket internet menurut JalanTikus:

1. Agar Bisa Mengontrol Pengeluaran Uang
Harusnya kamu berterima kasih dengan adanya kuota internet. Karena kamu jadi tahu banyaknya data yang kamu download dan upload di smartphone kamu. Dengan ini, kamu bisa mengatur konsumsi data internet setiap bulannya dan selanjutnya mengatur pengeluaran kamu untuk internet dengan lebih rapih.

2. Untuk Jadi Patokan Mengontrol Diri
Selalu pantau banyaknya kuota yang kamu habiskan setiap bulannya. Jika ternyata kuota internet yang kamu habiskan melebihi batas kuota normal, itu sudah jadi tanda-tanda bahwa kamu kecanduan smartphone.

3. Karena Operator Juga Harus Untung
Apa kamu familiar dengan paket unlimited? Jika iya, pernahkah kamu bertanya kenapa ada kuota dalam paket unlimited? Kuota dalam paket unilimited ini adalah batasan akses internet dengan kecepatan maksimum. Jadi, apabila kamu sudah menggunakan internet di atas kuota yang telah ditentukan, maka kecepatannya akan turun dengan drastis, tapi kamu tetap bisa internetan dengan gratis. Batasan ini dikenal dengan istilah FUP (Fair Usage Policy).

Lalu, kenapa operator menyediakan paket unlimited jika ada kuota? Karena, sederhana saja, operator adalah perusahaan yang mencari keuntungan.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?