GuidePedia

0


Sejak dirilis 2 minggu yang lalu, permainan berbasis teknologi realitas tertambah (Augmented Reality/AR) semakin meroket. Seperti dilansir Android Headlines, Rabu (20/7/2016), Pokemon Go menjadi salah satu permainan yang berhasil naik ke tingkat teratas di Google Play dan Apple App Store.

Demam Pokemon Go menyebar luas sejak dirilis di Amerika Serikat (AS), Australia, dan Selandia Baru. Bahkan tiga hari lalu, Niantic sang pengembang Pokemon Go juga menghadirkan permainan fenomenal tersebut di 30 negara. Sayangnya hingga saat ini, Pokemon Go belum tersedia resmi di Indonesia.

Permainan tersebut juga menjadi aplikasi dengan pendapatan tertinggi pada debutnya. Jumlah pemain aktif harian permainan ini di AS hampir menyaingi pengguna Twitter. Sedangkan durasi memainkan Pokemon Go juga mengalahkan durasi aktivitas di Facebook, Snapchat, Twitter, dan Instagram.

Pokemon Go telah diunduh 10 juta kali dalam waktu satu minggu. Dia memecahkan semua rekor yang pernah dicatat Clash Royale, Candy Crush Jelly Saga, dan Angry Birds 2.

Hingga tulisan ini dibuat, Kamis (21/7/2016), total unduhan sudah mencapai 30 juta. Adapun total pendapatan mencapai lebih dari USD35 juta atau setara Rp458 miliar.

Total pendapatan itu belum termasuk dari negara-negara utama, apalagi peluncuran di Jepang masih ditunda. Penundaan itu membuat saham Nintendo anjlok 13 persen setelah sempat berlari kencang.

Sejauh ini, alasan utama penundaan rilis di Jepang adalah keraguan terhadap kapasitas server. Nintendo khawatir server kepenuhan (overload).

Sedangkan alasan kedua adalah bocornya isi surel ke dunia maya yang berisi kerjasama antara Nintendo dengan perusahaan waralaba McDonalds Jepang, seperti diungkap Tech Crunch (20/7).

Dalam bocoran informasi tersebut dijelaskan, ada lebih dari 3.000 cabang McDonalds Jepang yang akan dibuat menjadi Pokemon Gym. Pengguna bisa melakukan pertarungan atau menjadikan tempat tersebut sebagai arena kumpul-kumpul dan menggunakan umpan modul (Lure Module) bersama teman atau kenalan baru.

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan McDonalds Jepang sebagai mitra resmi pertama Pokemon Go di Jepang.

Namun hal ini tampaknya bukan masalah besar karena Pokemon Go masih akan memberikan keuntungan hingga USD4 miliar per tahun. Selain itu, saham Nintendo diprediksi bakal normal kembali dan bahkan mungkin kembali meroket tajam begitu Pokemon Go benar-benar dirilis di Jepang.

McDonalds Jepang akan menjadi partner resmi pertama Pokemon Go di Jepang.© Christopher Jue /EPA

Sumber

lanjutin di sini !
Follow @wisbenbae
Mau KAOS lucu ? Klik ajah !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?