GuidePedia


Perubahan ketentuan paket internet unlimited Smartfren yang mulai berlaku Maret 2013 ini (Baca: Tarif Paket Internet Smartfren Terbaru 2013) membuat para pelanggan Smartfren harus pintar pintar dalam menggunakan kuota internetnya.

Masalahnya, pada ketentuan yang baru tersebut pihak Smartfren memberlakukan Fair Usage Policy atau FUP. Jadi jika anda sudah memenuhi FUP yang sudah ditentukan, kecepatan internet anda akan diturunkan.


So, bagaimana cara mengatasi masalah tersebut ? Ya mau tidak mau anda harus merubah kebiasaan anda dalam berinternet sehingga kuota internet anda bisa awet, atau anda bisa mengaktifkan Smartfren Connex EVO (Extra Volume Only).




Top Up



CONNEX EVO VOLUME



Denom (Rp)


Volume


Masa Berlaku


Bonus Volume*


1,000


20 MB


1 Hari


-


5,000


100 MB


-


10,000


250 MB


30 Hari


-


20,000


600 MB


-


25,000


750 MB


-


50,000


2 GB


1 GB


100,000


6 GB


3 GB


150,000


12 GB


6 GB


200,000


16 GB


500,000


40 GB

*Bonus Volume data berlaku 7 hari,dan tidak berlaku akumulasi
Promo berlaku sampai dengan 30 Juni 2013

Berikut tips cara menghemat kuota internet Smartfren

1.    Matikan image/gambar pada browser

Untuk melakukannya, anda tinggal atur settingan browser anda. Untuk Mozilla, anda tinggal klik tool/alat --- pengaturan ---- isi ----- lalu hilangkan tanda centang pada pilihan “muat gambar secara otomatis”.

2.    Gunakan Adblock

Walaupun gambar sudah dinonaktifkan, namun kadang kadang iklan masih bermunculan. Untuk mengatasinya, anda tinggal pasang fitur adblock di masing masing browser.

3.    Gunakan browser Opera

Browser Opera memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh browser lainnya yaitu Opera Turba. Fitur ini akan mengkompres situs atau web yang ingin kita kunjungi sebelum ditampilkan, sehingga dapat mempercepat loading dan menghemat kuota.

4.    Nonaktifkan fitur “Sound in Webpages”

Selain images (statis dan animated) sound atau suara juga sering menjadi bagian dari sebuah halaman web. Sound itu bisa dari iklan, radio, atau media player yang dibuat berjalan otomatis ketika halaman web dibuka. Agar kuota anda bisa hemat, sebaiknya anda nonaktikan fitur tersebut.

5.    Lakukan update antivirus secara berkala

Update antivirus sangat diperlukan untuk menjaga keamanan PC kita dari malware, namun daily update yang otomatis dilakukan oleh program antivirus seperti Avast, membuat kuota internet anda tergerus. Sebaiknya lakukan update minimal seminggu sekali.

6.    Matikan automatic update Windows

Untuk melakukannya anda bisa melalui Start => run => ketik msconfig = > pilih tab service => hilangkan cekmark pada automatic updates => restart komputer. (Untuk XP).

Windows 7: Klik Start, lalu pilih Control Panel, Pilih System and Security, Pilih Windows Update, kemudian klik Change Setting.

7.    Jangan menunggu tampilan penuh

Buat anda yang sedang mencari referensi berita atau infomasi di sebuah situs, sebaiknya jangan tunggu sampai loading selesai. Jika informasi yang ada di web atau blog sudah muncul, sebaiknya segera stop loading, sehingga kuota anda tidak berkurang banyak.

8.    Matikan ping

Ping biasanya digunakan untuk menstabilkan kecepatan internet, namun sebaiknya anda close ping tersebut ketika anda istirahat dari berinternet.

9.    Disconnect koneksi internet jika tidak digunakan

Sering kali kita membiarkan koneksi internet ON walaupun kita tidak menggunakannya. Jika anda bukan admin sebuah toko online (yang mengharuskan anda terlihat online setiap waktu), sebaiknya anda disconnect koneksi internet anda jika memang tidak digunakan.

10.  Selalu perhatikan data statistik

Di bagian statistik pada Smartfren, anda bisa melihat kecepatan internet dan kuota yang sudah digunakan. Perhatikan bagian tersebut, sebab adakalanya kecepatan internet yang tertera di bagian statistik naik secara tiba tiba walaupun tidak aktfitas browsing, seakan akan ada file yang di download.

11.  Selalu check kuota
Setelah selesai menggunakan internet, sebaiknya anda check kuota anda dengan menggunakan *995. Jika anda menggunakan setting “EVDO Only”, anda ganti dulu menjadi “Hybrid” untuk bisa mengecheck kuota yang tersisa.

Beli yuk ?