GuidePedia

[imagetag]
 
Aboi tau gak kalo 'Garam' yang terkandung dalam makanan seyogyanya memiliki dampak negatif bagi tubuh, bahkan minuman ber'pemanis' pun lebih tidak berbahaya ketimbang Garam, kenapa? Begini..

Benarkah Garam jadi penyebab 2,3 juta kematian per tahun di dunia?

Sebuah penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa minuman berpemanis sebabkan 200.000 kematian per tahun di dunia. Ternyata, dampak makan terlalu banyak garam lebih parah dari itu. Bagaimana bisa?

Penelitian lainnya ternyata mengestimasi bahwa konsumsi garam berlebihan menjadi penyebab 2,3 juta kematian per tahun. Para ahli tepatnya menyampaikan hal tersebut dalam konferensi American Heart Association.

"Beban makanan bersodium ternyata lebih berbahaya daripada minuman berpemanis," papar Dariush Mozaffarian, kepala penulis penelitian dari Harvard School of Public Health, seperti yang dikutip Daily Mail.

Menurut Mozaffarian, alasan utama kenapa konsumsi garam menyebabkan lebih banyak kematian adalah banyak makanan yang pada dasarnya mengandung sodium. Sementara minuman berpemanis bisa dihindari oleh orang-orang.

Peneliti menganalisis 247 survei tentang asupan sodium berdasarkan usia, jenis kelamin, dan tempat tinggal dari tahun 1990-2010. Dari situ, mereka menemukan bahwa 40 persen masyarakat dunia tergolong mati muda akibat penyakit kardiovaskular.

Seperti yang telah diketahui, konsumsi garam berlebihan memang mampu meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

Tiga negara dengan angka kematian tertinggi akibat konsumsi garam juga dicatat para peneliti, yaitu Ukraina, Rusia, dan Mesir. Sementara tiga negara terendah adalah Qatar, Kenya, dan Arab Saudi.

Nah sekarang sudah tau kenapa makanan yang mengandung 'garam' lebih berbahaya ketimbang minuman yang 'berpemanis' itu..? Oke silahkan mengambil hal positif dari bacaan ini ya Unikers, jgn lupa komen. :3

Sumber:

Beli yuk ?

 
Top