GuidePedia

0
Melalui foto-foto yang diabadikannya selama 12 bulan, Cynthia Boll mengutarakan bagaimana kondisi warga Jakarta yang tengah berlindung di balik tembok laut.


Melalui foto-foto yang diabadikannya selama 12 bulan, Cynthia Boll mengutarakan bagaimana kondisi warga Jakarta yang tengah berlindung di balik tembok laut. (Cynthia Boll)

Setiap tahunnya Ibu kota harus pasrah dilanda banjir. Curah hujan tinggi membuat kota ini membludak, air yang turun dari pegunungan dan mengalir ke sungai tak menjadi lancar akibat sumbatan yang disebabkan oleh sampah dan polusi pada jalur air.

Secara geografis letak Jakarta berada di delta 13 sungai yang 40% tanahnya di bawah permukaan laut. Di beberapa wilayah penurunan tanah mencapai 10 -20 cm setiap tahunnya, itu menandakan bahwa kota ini akan tenggelam dalam 20 – 30 tahun mendatang.


Utarakan Jakarta, sebuah kampanye digital yang memperlihatkan potret warga Jakarta di tembok laut. Kampanye ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menyadari dan mulai bertindak atas kondisi ibukota yang hampir tenggelam. (Utarakan Jakarta)

Jakarta kini hanya berlindung pada bendungan berusia 40 tahun yang semula berfungsi untuk menahan amukan Laut Jawa pada kota yang berpenduduk lebih dari 20 juta orang ini. Namun, kini nasibnya kian memburuk, sang tembok laut terus tergerus ombak. Ibukota kian terjebak seolah tidak punya jalan keluar selain memperbaiki lingkungan dari akarnya.

Fenomena ini menguatkan tekad Cynthia Boll, seorang fotografer asal Belanda untuk memperingatkan masyarakat bahwa Jakarta hampir tenggelam. Selama 12 bulan, ia mengabadikan kisah empat warga Jakarta Utara yang berjuang melawan banjir melalui foto yang akan dipamerkan melalui kampanye “Utarakan Jakarta, ‘People Behind The Seawall’”.

Kampanye yang didukung oleh penggiat media ini akan dimulai pada 1 Oktober mendatang. Selama 12 minggu, para pengguna aktif Facebook akan menikmati pemandangan kelam kota Jakarta yang berhasil diabadikan oleh Cynthia Boll.


(Sekar Rarasati)
Sumberlanjutin di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?