GuidePedia

0

Raja buah yang satu ini memang terkenal akan kelezatannya. Daging buahnya yang lembut serta aromanya ​tajam​ membuat siapa saja pasti ingin mencicip, tak terkecuali ibu hamil. Jika sedang ngidam, rasanya satu bagian buah tak cukup​.​ Tapi, apakah aman?

Durian merupakan buah yang tumbuh di daerah tropis dan berasal dari wilayah Asia Tenggara seperti Thailand, Malaysia dan juga Indonesia. Buah ini memiliki kulit yang keras, berlekuk tajam dan sering disebut dengan "king of fruit". 

Saat sedang musim, buah ini banyak dijajakan di pasar, supermarket ataupun pinggir jalan. Selain enak dikonsumsi dalam keadaan segar, buah durian juga sering dipadukan dengan pancake, ketan ataupun diolah menjadi sop durian.

Akan tetapi, bagaimana dengan konsumsi durian pada ibu hamil? "Ibu hamil boleh mengonsumsi durian. Hanya saja, jumlahnya jangan terlalu banyak,” tutur Emilia Ahmadi selaku Clinic Dietitian, Food Nutrition Expert, Disease Prevention dan Sport Nutrition pada (20/05/15).

Saat ditemui oleh Detikfood dalam acara Meat & Livestock Australia (MLA), Emilia juga menambahkan bahwa durian yang terlalu matang biasanya memiliki kandungan alkohol yang tinggi sehingga perlu memperhatikan juga tingkat kematangannya. Selain itu juga ada kandungan gula, jika asupan gula tinggi dapat sebabkan diabetes gestasional pada ibu hamil.

Ditempat berbeda, pendapat yang sama juga ditutukan oleh ahli gizi Victoria Djajadi MnutrDiet.,APD. Menurutnya, ibu hamil boleh mengonsumsi makanan apa saja, termasuk durian. Hanya saja jumlahnya perlu diperhatikan jangan terlalu banyak.

“ Ibu hamil juga harus menghindari konsumsi makanan yang terlalu asam dan pedas untuk mencegah asam lambung dan muntah,” jelas Victoria Djajadi MnutrDiet.,APD saat ditemui dalam acara Kraft (20/05/15).

Durian mengandung banyak gula dan karbohidrat. Dua buah durian ukuran sedang mengandung kalori sekitar 60 Kkal. Durian juga dianggap sebagai makanan tinggi indeks glikemik sehingga konsumsinya perlu dibatasi saat kehamilan.

Ibu hamil dengan diabetes gestasional harus menghindari makan durian karena tinggi gula. Walaupun belum ada penelitian ilmiah yang pasti tentang hubungan konsumsi durian dengan risiko kontraksi hingga keguguran, kini banyak wanita hamil di beberapa negara yang menghindari konsumsi durian secara berlebih.

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?