GuidePedia


Hospedaje in Chile (taken by Panasonic Lumix DMC-FT4)

Untuk menjaga kewarasan traveling dalam jangka waktu yang panjang, bohong banget kalau tiap hari oke aja tinggal di dorm hostel berame-rame. Sesekali orang kan butuh privacy. Setelah 2,5 bulan #TNTrtw dan menginap di puluhan hostel, di Chile saya mendapat pengalaman baru dengan menginap di Hospedaje (dalam bahasa Spanyol, dibaca: ospedahe).

Hospedaje kurang lebih sama dengan lodging, losmen, guesthouse, atau bed & breakfast. Dimiliki oleh perorangan, dimana mereka menyewakan sebagian kamar di rumahnya untuk penginapan. Umumnya dimiliki oleh nenek-nenek sebagai mata pencahariannya di masa tua. Berbeda dengan hostel yang lebih besar dan memiliki kamar dorm (satu kamar berisi banyak tempat tidur), hospedaje biasanya memiliki beberapa kamar twin atau double, dengan atau tanpa kamar mandi privat. Karena saya traveling bareng si Yasmin, dengan menambah Rp 10.000-20.000 per orang bisa dapat kamar sendiri kan sungguh menyenangkan. Bisa bebas nyalain-matiin lampu, bisa tidur nggak pake baju, juga bisa bebas kentut! Kekurangannya, pemilik/staf tidak ada yang bisa berbahasa Inggris dan sulit dapat info tentang pariwisata setempat. Kedua hal itu ditukar dengan penginapan yang worth the value, plus nggak berisik sama backpacker ABG yang tukang mabok. Pokoknya cocok deh bagi yang udah kena “faktor U” macam saya!

Perkenalan pertama saya dengan hospedaje di kota kecil bernama Pucon. Dimiliki seorang nenek single bernama Ema yang kisah cintanya pahit karena sering banget menasehati saya, “Cowok semua brengsek, kamu harus hati-hati!” Tapi rumah si nenek merupakan penginapan terbaik yang pernah saya tinggali. Tempat tidur, sprei, bantal, selimut… semuanya bener, baik dari segi ukuran maupun kualitas bahan. Rencana menginap cuma 2 malam, berakhir jadi seminggu saking nyamannya. Karena jumlah tamu tidak banyak, kami jadi saling mengenal satu sama lain sampe kami bikin pesta barbecue menyambut tahun baru 2013 di halaman rumahnya. Semua berjalan dengan baik sampai hari terakhir saya memperhatikan rumah di sebelahnya.. ada plang bertuliskan “Funeraria” alias kamar mayat! Aaak!

Di kota Puerto Montt, hospedaje dimiliki oleh Nenek Perla dan suaminya yang sakit-sakitan, dan nggak punya fruit child (istilah si Yasmin untuk “anak buah”) yang bantuin! Parahnya si nenek udah pikun. Lagi enak-enaknya tidur, eh kami disuruh pindah ke kamar lain karena ternyata udah ditempatin orang lain. Untungnya kami dapat kamar yang lebih bagus. Malamnya kami bayar kamar supaya pagi-pagi tidak terburu-buru, eh besoknya pas check out ditagih lagi bayaran sama si nenek! Wah, gawat banget nih manajemennya!

Di kota Puerto Natales, kami booking hostel di situs langganan. Ternyata namanya doang hostel, tapi ada nenek sangat tua yang tinggal di situ. Setiap hari dia duduk di ruang tamu, melototin tamu yang keluar-masuk. Parahnya, kalau ada tamu yang masuk dapur, dia tiba-tiba ikutan masuk dapur dan duduk mengawasi dengan muka jutek. Hebatnya matanya masih awas. Sekali salah ambil peralatan dapur, dia langsung teriak! Duile, meneketehe panci mana yang boleh dipake mana yang kagak! Ternyata abis dicuci, salah naro di rak juga diteriakin! Buka kulkas, eh dia berdiri di balik pintu! Doh, gengges abis tu nenek! Padahal kamarnya lumayan nyaman, sehingga setelah 3 malam kami minta extend.

Sialnya, ada rombongan Korea datang sehingga kami dipaksa pindah ke hospedaje saudaranya yang dimiliki Nenek Gladys. Meski hospedaje itu ada dapur, tapi kompornya model tungku kuno yang cuma dia yang bisa nyalain. Sekalinya nyala, apinya nggak bisa dikecilin jadi dapur terasa panas terbakar! Baru aja megang wajan, eh tiba-tiba dia merebut wajan itu sambil ngomel kalo dapur nggak boleh dipake buat ngegoreng apapun karena dia nggak suka baunya! Lah? Kami pun bergosip dengan tamu-tamu lain. Mereka mengaku sampe dikasih kompor gas untuk kemping dan disuruh masak di halaman! Buset! Besok paginya pas sarapan, nenek Gladys memberikan kami roti dan secuil mentega dengan muka masih jutek. That’s it! Kami pun buru-buru check out.

Setelah jalan kaki 2 jam nyari penginapan, dapatlah hospedaje yang dimiliki Nenek Gloria yang mirip Martina Navratilova tua dan suaminya yang mirip Papa Smurf. Terharu deh kalo lihat mereka berdua beresin tempat tidur. Si nenek di ujung kiri, si kakek di ujung satunya, saling tarik-tarikan sprei. Dua-duanya duduk di kursi abang bakso, saking udah nggak kuat. Tapi mereka adalah kakek-nenek favorit saya karena selain ramah dan baik, kamarnya pun paling murah dengan sarapan yang dihidangkan penuh kasih sayang. Plus punya anak cowok ganteng yang single! Hehe!

Di kota Punta Arenas, hospedaje-nya dimiliki Nenek Teresa dibantu seorang bapak-bapak ganteng. Kamarnya nyaman, sarapannya enak. Anehnya, semua tamu tidak diberi kunci rumah, jadi kalau mau masuk harus pencet bel dan si bapak jam berapapun akan bangun bukain pintu! Malam hari saat saya mau ke kamar mandi, eh pintu kamar di sebelah terbuka. Dasar kepo, saya ngintip ke dalam kamar itu. Lah, isinya ternyata si nenek dan si bapak itu di satu tempat tidur! Jadi..? Besoknya saya bergosip sama tamu-tamu yang lain. Ternyata si nenek memang menikah dengan si bapak yang usianya jauh lebih muda! Hihihi! Pinter banget si nenek milih suami. Dia asyik tidur, suaminya terpaksa turun-naik tangga bukain pintu para tamu!

Bosan dengan hospedaje, di kota La Serena saya bela-belain booking di hostel ngetop. Eh mereka overbooking, jadi kami dipindah ke… hospedaje sebelahnya! Hospedaje ini mirip kos-kosan yang memanjang ke belakang. Eh isinya abang-abang gitu! Sekamar isinya 3-4 orang abang-abang ngekos. Dari penampilan mereka, sepertinya mereka tukang bangunan atau pekerja tambang. Mereka kagak pake baju, cuma celana pendekan doang, dan maen gitar! Aww, cowok Latin gitu loh! Pengurus hospedaje ini adalah Kakek Claudio yang baik dan ramah. Terlalu baik sampe saya risih karena dia naksir saya dan minta diajak pulang ke Indonesia! Halah!


Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI !

Beli yuk ?

 
Top