GuidePedia

0
micro-drone-3-0-01

"Kecil-kecil cabe rawit." Itulah kata-kata yang muncul dalam benak saya saat melihat Micro Drone 3.0, sebuah drone seukuran kepalan tangan yang tengah menjalani kampanye di Indiegogo.

Ia memang bukan drone terkecil di dunia, predikat tersebut masih dipegang oleh Wallet Drone. Kendati demikian, ia masih sangat mungil jika dibandingkan dengan quadcopter standar; dengan tinggi 5 cm, diameter 14,5 cm dan bobot 56 gram (71 gram dengan komponen kamera).

Seperti yang bisa kita lihat, letak keunggulan Micro Drone 3.0 adalah kemampuannya untuk bermanuver di udara selagi mengabadikan momen yang tengah terjadi. Kamera ini terintegrasi dengan gimbal 2-axis dan mudah sekali dilepas-pasang.

micro-drone-3-0-02

Kualitas videonya mungkin bukan yang terbaik, tetapi 720p 30 fps jauh lebih bagus ketimbang tidak ada video sama sekali, bukan? Menariknya, video yang sedang direkam ini bisa diteruskan langsung ke smartphone sehingga Anda bisa mengontrol Micro Drone 3.0 dari sudut pandang kameranya. Lebih menarik lagi, fitur ini kompatibel dengan sistem VR Google Cardboard.

Namun apalah arti video tersebut kalau cuma Anda sendiri yang bisa menikmatinya? Untuk itu, pengembang Micro Drone 3.0 telah menyematkan integrasi live streaming milik Meerkat. Menggunakan aplikasi pendampingnya di smartphone atau tablet, Anda bisa langsung mem-broadcast rekaman video Micro Drone 3.0 ke Meerkat.

Dari segi teknis, Micro Drone 3.0 memiliki kecepatan maksimum sekitar 70 km/jam. Kalau Anda menggunakan smartphone, ia bisa dikontrol hingga jarak sekitar 15 meter, atau 90 meter jika memakai controller dengan frekuensi radio 2,4 GHz. Ia mengemas gyroscope 6-axis dan accelerometer untuk menyeimbangkan tubuhnya saat mengudara.

micro-drone-3-0-03

Tubuh kecil Micro Drone 3.0 berarti ia tak bisa membawa baterai berkapasitas besar, hanya 450 mAh, yang berarti cuma sekitar 8 menit waktu mengudara. Pun demikian, desainnya yang modular memungkinkan Anda untuk melepas dan mengganti komponen baterainya dengan yang lain. Amat praktis ketika digunakan di lapangan.

Micro Drone 3.0 saat ini dipasarkan seharga $125 melalui laman kampanyenya di Indiegogo, plus $20 sebagai biaya pengiriman internasional. Bundle ini mencakup Micro Drone 3.0 beserta modul kamera dan VR headset Google Cardboard.




Post a Comment Blogger

Beli yuk ?