GuidePedia

0

Melakukan ibadah puasa bukan berarti harus mengurangi aktivitas fisik dengan alasan akan membuat tubuh bertambah lemas. Pasalnya, olahraga saat puasa sah-sah saja dilakukan asal dengan cara yang benar.

“Setiap orang yang berpuasa tetap harus melakukan aktivitas fisik atau berolahraga. Apalagi bagi mereka yang sudah terbiasa melakukan olahraga sebelumnya di saat tidak puasa,” kata dr. Grace Tumbelaka, SpKO, Spesialis Kedokteran Olahraga.

Menurut Grace, puasa bukan sebagai pembatas bagi mereka yang melakukan olahraga. “Justru berolahraga memberikan banyak dampak positif, antara lain daya tahan tubuh bertambah baik dan boost energy asal dilakukan dengan baik, benar, teratur, dan terukur.”

Olahraga saat puasa sebaiknya dilakukan pada sore hari menjelang berbuka puasa alias 2 - 1,5 jam sebelum berbuka puasa.

“Supaya energi yang terpakai pada saat berolahraga dapat segera terganti sesudah buka puasa. Kalau olahraga saat puasa dilakukan pagi atau siang hari dikhawatirkan akan mengganggu proses berpuasa, karena harus mengeluarkan energi.”

Lalu, apa saja olahraga yang bisa dilakukan saat puasa? “Olahraga saat puasa sebaiknya pilih yang bersifat aerobik dengan menggunakan otot besar tubuh, dilakukan ritmis dan berkesinambungan, dan bertujuan meningkatkan kebugaran kardiorespirasi. Mulai dari bersepeda, jalan, senam aerobik, jogging, treadmill.”

Frekuensi olahraga saat puasa dilakukan sebanyak 3-5 kali seminggu, intensitasnya ringan sampai sedang, waktunya 30-60 menit.

“Tapi, jangan lupa selalu lakukan pemanasan, peregangan awal, serta pendinginan dan peregangan akhir. Gerakan yang dilakukan saat peregangan awal dan akhir adalah kegiatan stretching.”

Namun, ia mengingatkan, olahraga saat puasa memang idealnya lebih ringan dari latihan yang sudah dilakukan sebelumnya. Misalnya, di awal puasa lebih ringan, kalau biasanya 60 menit, lakukan selama 30 menit dulu. “Kalau biasanya intensitas yang dilakukan sedang, sebaiknya lakukan yang ringan dulu.”

Bagi yang terbiasa melakukan latihan beban, tak jadi masalah jika dijalankan. “Untuk yang memilih olahraga angkat beban, pada tahap awal kurangi repetisi, set, atau beban yang biasa digunakan sebelum puasa. Di saat puasa tubuh orang beradaptasi begitu juga dengan berolahraga.”


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?