GuidePedia

0

Orang tua kami lagi suka browsing atau nonton YouTube mengenai masakan dan kami memutuskan untuk membelikan sebuah tablet daripada pake ponsel dengan layarnya yang kecil. 

Sempat bingung mau beliin yang mana dan akhirnya kami memutuskan untuk mencoba Xiaomi Mi Pad berukuran 7,9 inch dengan 2 alasan, fitur yang cukup bagus tapi harganya lebih murah dibandingkan tablet sejenis, tentu pertanyaannya apa iya ada barang bagus tapi harga murah? sementara orang bilang "duit engga bisa boong"? Berikut reviewnya. 
- Prosesor dan Memori RAM
Mi Pad menggunakan prosesor Quad Core Nvidia Tegra K1 @ 2,2 GHz dan memori RAM 2 GB yang sangat lebih dari cukup untuk sekedar browsing dan nonton YouTube tapi bukan berarti engga bisa untuk hal lainnya loh karena prosesor Tegra K1 juga terkenal lumayan hebat untuk digunakan bermain game. 

Sejauh yang kami coba selama 2 hari ini, semuanya berjalan sangat lancar tanpa masalah, perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lain juga tidak masalah. 

- Layar
Ini juga salah satu nilai jual dari Xiaomi Mi Pad dimana layarnya yang berukuran 7,9 inch punya resolusi 2048 x 1536 px dengan tingkat kerapatan layar mencapai 326 PPI (pixel per inch) sehingga kualitas layar sangat baik untuk sebuah tablet dengan harga relatif murah. 

Layarnya sendiri berjenis IPS dengan lapisan Gorilla Glass 3 sehingga cukup mengurangi kekuatiran kalau layarnya jadi mudah pecah. 

Klaim viewing angle (sudut pandang) yang mencapai 178 derajat memang terbukti, layar dapat dilihat dengan baik di sudut kemiringan yang hampir 180 derajat, hanya saja di satu sisi resolusinya yang 2045×1536 membuat nonton film HD agak kurang asik karena film tidak bisa tampil full di layar. 

- Tombol dan port
Posisi tombol ON/OFF dan volume berada di sisi kanan dan sedikit diatas dan cukup responsif dan mudah dijangkau sehingga untuk menyalakan atau mematikan dan mengatur volume suara sangat nyaman, tau sendiri kadang banyak tombol yang dibikin minimalis tapi ketika akan ditekan sangat sulit. 

Posisi di bawah ada port microUSB dan diatas ada lubang eraphone jack, posisi slot microSD berada di sisi kiri dan untuk membukanya harus menggunakan pin yang disertakan dalam kotak, kami pribadi agak kurang suka dengan penggunaan pin seperti ini karena kita biasanya tidak selalu membawanya kemanapun kita pergi jadi agak repot ketika kita butuh kartu memori microSD untuk dilepas. 

- Speaker
Dua buah speaker stereo di bagian belakang punya suara yang cukup kencang walaupun dari sisi kualitas tidak terlalu jernih dan cenderung agak pecah kalau volume terlalu kencang. 

Posisinya walaupun seperti tertutup ketika kita meletakkan di meja tetapi kekerasan suara tetap baik, biasanya kalau posisi di belakang pasti akan berpengaruh ketika kita meletakkan di meja. 

- Disain dan bodi secara umum
Banyak yang bilang disainnya mengikuti iPad Mini dan sepertinya memang tidak salah dibilang begitu tetapi kami rasa hampir semua tablet bentuknya yah seperti ini walaupun ada beberapa yang berbeda seperti Lenovo Yoga dan beberapa lainnya. 

Pertama kali menggunakan tablet 8 inch, kecil tapi lumayan nyaman walaupun Mi Pad lumayan berat (sekitar 360 g) sehingga tangan lumayan pegal juga kalau dipegang satu tangan terlalu lama. 

Bagian belakang terbuat dari bahan plastik dengan sentuhan glossy yang membuat Mi Pad terkesan cukup seperti tablet mewah dan cukup mengagetkan walaupun glossy tetapi kami tidak merasa tablet ini mudah slip dari tangan. 

- Baterai
Kapasitasnya 6700 mAh dan sejauh ini kami merasa baterainya cukup awet banget, mungkin juga karena kami belum meng-install banyak aplikasi sehingga baterai bisa lebih hemat. Terlepas dari itu, kapasitas 6700 mAh memang seharusnya cukup memadai untuk sebuah tablet ukuran 8 inch, engga terlalu kecil dan engga terlalu besar, di satu sisi berat tablet ini jadi bertambah. 

- Kamera
Menggunakan sensor BSI yang memang sedang naik daun dan hasilnya cukup baik dan tajam, coba lihat hasilnya di paling bawah, lumayan kan? itu kami ambil hanya dengan memanfaatkan cahaya lampu meja saja dan sedikit sinar matahari dari samping (klik foto untuk melihat hasil aslinya). 

Kamera belakang punya 8 MP dan depan 5 MP dengan masing-masing punya f/2.0 sehingga hasilnya lumayan tajam dan terang walaupun berada di kondisi kurang cahaya sedangkan video bisa mengambil gambar dengan resolusi Full HD. 

Untuk kecepatan kamera, mulai dari menekan tombol menu kamera sampai menjepret foto lumayan cepat loh! 

Dari sisi fitur memang tidak banyak yang ditawarkan, hanya ada pilihan untuk mengatur tampilan foto seperti terlihat di bawah ini, ada juga fitur unik untuk Selfie dimana ada fitur untuk menebak umur anda. Akses untuk melakukan perubahan tingakt terang (EV) dan digital zoom sampai 4x bisa dilakukan langsung melalui layar, cukup nyaman walaupun Digital Zoom sendiri selalu kami coba hindari untuk digunakan mengingat membuat hasil foto tidak tajam. 

Sayangnya memang tidak ada flash tetapi engga usah heran, kebanyakan tablet juga engga punya kok. 

- MIUI
Di Xiaomi Mi Pad ini punya interface (launcher) buatan Xiaomi sendiri yang disebut MIUI, seperti kebanyakan interface lainnya, di MIUI juga sangat sederhana dan tidak bisa dimodifikasi terlalu jauh, mungkin ini dikarenakan demi menghemat baterai kali. 

Walaupun ada widget tapi entah kenapa kok kami engga bisa menggantinya dengan widget lain, bisanya hanya menghapus salah satu widget yang ada. Apa kami engga tahu caranya yah? 

Kami juga masih kesulitan untuk mencari tahu dimana menu untuk melakukan setting terhadap Home Screen bawaan Xiaomi ini. 

KESIMPULAN:
Dengan harga Rp. 2.999.000, kami berani memberikan rekomendasi untuk memiliki tablet yang satu ini, anda bisa membandingkan sendiri untuk spesifikasi yang sama, harga tablet lainnya bisa berada di kisaran 4-7 juta rupiah. Ada juga yang lebih murah tapi coba lihat spesifikasinya, pasti kurang menarik seperti RAM hanya 1 GB. CMIIW!! 

Memang agak terlalu cepat memberikan kesimpulan diatas karena di satu sisi kami baru menggunakannya selama 2 hari saja tapi namanya juga elektronik, kita tidak pernah tahu kapan akan rusak atau bermasalah. Pastinya sejauh ini kami cukup puas dengan apa yang sudah kami coba. 

Satu hal yang agak mengejutkan bagi kami, ternyata di Xiaomi Mi Pad ini tidak ada GPSnya, memang sih tidak butuh banget tapi seharusnya GPS sudah menjadi suku cadang wajib yang ada di sebuah tablet atau ponsel, apalagi kalau dari segi harga juga ini bukan termasuk tablet murah. 

PRO:
- Harga murah dibandingkan yang sejenis
- Hardware yang ada tidak murahan bahkan cukup mengagumkan seperti prosesor Quad Core, RAM 2 GB dan layar resolusi tinggi
- Hasil kamera yang cukup tajam
- Kualitas layar yang baik dengan kepadatan pixel 326 ppi
- Disain yang terkesan mewah
- Kapasitas baterai yang cukup besar 

CONS:
- Tidak ada GPS
- Agak berat dan kurang nyaman kalau dipegang satu tangan
- Interface bawaan (MIUI) yang kurang menarik (tapi banyak kok launcher gratisan yang bagus)
- Dari yang kami cek, Xiaomi sepertinya tidak ada rencana untuk meng-upgrade Android OS 4.4 (kitKat) ini ke Android OS 5.0 (Lollipop) secara resmi, jadi kalau yang mau musti sedikit usah (ngotak-ngatik ROM). 

Bagi para pembaca Wisbenbae yang mau menambahkan, silahkan tulis komentar kalian. 



Post a Comment Blogger

Beli yuk ?