GuidePedia

0


Toilet bintang lima di Chongqing. ©2016/Yibada

wisbenbae.blogspot.com - Warga Kota Chongqing, China, kini banyak yang keranjingan menggunakan sebuah fasilitas toilet umum di Distrik Nanan, dekat pusat kota. Antrean lusinan warga di pintu masuk terjadi saban hari. Jika biasanya orang ingin cepat-cepat menuntaskan buang hajat, sekarang warga Chongqing justru berlama-lama menghabiskan waktunya di WC.

Pemicunya adalah fasilitas wi-fi gratis yang disediakan pemerintah kota setempat. Shanghaiist melaporkan, Selasa (19/1), kecepatan koneksi Internet di toilet umum itu mencapai 50 megabyte per detik. Kecepatan ini jauh di atas rata-rata koneksi rumah tangga di China. Dengan koneksi data secepat itu, orang bisa mengunduh film hanya dalam belasan menit.

Pemkot Chongqing menyatakan WC umum dengan internet supercepat segera dibangun di 24 tempat lainnya. Toilet Nanan kini menjadi percontohan lebih dulu dari sebuah konsep 'WC Bintang Lima'. Konsep toilet semacam ini sedang marak dibangun oleh kota-kota besar di Negeri Tirai Bambu. Ada imbauan pemerintah pusat di Beijing agar setiap pemkot fokus menyediakan toilet yang berkualitas mulai awal tahun lalu.

Tingkat sanitasi di China terhitung jelek. Banyak orang memilih buang air sembarangan di taman karena toilet umum biasanya jorok.

Toilet mewah seperti di Chongqing dilengkapi pula soket untuk mengisi baterai ponsel, microwave, serta air minum siap saji. Pemkot mengaku tak sekadar membuang uang melalui toilet tersebut. Sebaliknya, anggaran pengelolaan kebersihan diklaim bisa lebih murah di tahun-tahun mendatang.

"Toilet ini dilengkapi panel surya, sehingga tidak perlu ada aliran listrik ke sana. Pemerintah kota bisa menghemat anggaran hingga 2.460 yuan setiap tahun," kata juru bicara Pemkot Chongqing.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?