GuidePedia

1


Pekerja membuat robot Transformers berkonsep angkutan kota di Taman Cibeunying, Bandung, Jawa Barat, 14 Desember 2015. Robot ini terbuat dari bahan serat kaca dan bisa menyala saat malam hari. TEMPO/Prima Mulia

Wisbenbae.blogspot,com Jakarta - Kota Bandung terkenal dengan taman-taman yang bertema unik. Salah satunya Taman Cibeunying. Taman ini menghadirkan patung robot bernama Trangkoters.

Patung Trangkoters terinspirasi oleh film Transformer. Dalam film besutan sutradara Michael Bay itu, berbagai jenis mobil bisa berubah menjadi robot. Nah, patung Trangkoters berbentuk robot yang terbentuk dari angkot.

Di Taman Cibeunying, patung robot setinggi 3 meter ini cukup mencolok karena berdiri di tengah-tengah taman. Dengan paduan warna hijau dan oranye, warga Kota Bandung akan teringat dengan angkot rute Cicaheum-Ciroyom.

Robot Trangkoters dibuat Dinas Pemakaman dan Pertamanan (Diskamtam) sebagai salah satu bentuk kampanye agar warga Kota Bandung bisa kembali menggunakan angkot sebagai sarana transportasi harian.

"Tujuannya, mengajak masyarakat menggunakan fasilitas kendaraan publik. Kita kampanyekan melalui patung robot ini," kata Kepala Dinas Kota Bandung Arief Prasetya, Selasa, 19 Januari 2016.

Bukan sekadar patung hiasan saja, patung robot ini akan menghibur anak-anak dengan suaranya yang unik. Hanya dengan menekan tombol di kaki kanan, robot ini bakal bersuara mirip penumpang yang akan memberhentikan angkot, "Kiri..., kiri, Mang…, kiri."

Robot yang sudah ada sejak 2015 dibangun dengan anggaran Rp 150 juta. "Desainnya dari kami. Anggarannya Rp 150 juta dengan pasang," ujar Arief. Tak hanya membuat patung robot bertema angkot, pihaknya juga akan membuat banyak patung robot bermacam tema di taman-taman lain.

Hal tersebut agar fasilitas publik bisa mudah diingat. "Misalnya ada yang janjian di Taman Cibeunying. Taman Cibeunying itu yang mana? Itu yang ada robot angkotnya. Itu kan jadi ciri khas," tuturnya.

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?