GuidePedia

0


Bunga Zinnia (foto: Twitter/Scott Kelly via CNN)

Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) berhasil menyelesaikan misi membudidayakan tanaman di ruang akasa untuk pertama kalinya setelah dua tahun masa percobaan.

Setelah beberapa kali gagal dalam siklus pertumbuhan, akhirnya bunga berwarna oranye yang menjadi bahan penelitian yang disebut bunga zinnia ini mekar dengan sempurna dan menjadi bunga pertama yang mekar di ruang angkasa.

Astronot AS Scott Kelly, menyebarkan kabar gembira ini melalui akun Twiter-nya dengan mengunggah foto bunga berwarna oranye tersebut.



(foto: Twitter/Scott Kelly)


"Bunga pertama yang tumbuh di luar angkasa memulai debutnya!" tulis Scott. "Ya, ada kehidupan lain di luar angkasa!" tambahnya.

Namun ini bukan kali pertama tanaman yang tumbuh di ruang angkasa. Pada tahun 2014, juga telah dilakukan penelitian pada tanaman sayuran seperti selada dan gandum. Hal itu juga membawa kabar yang luar biasa bahwa kedua tanan tersebut tumbuh secara alami. 

NASA mengatakan bahwa, sayuran itu tumbuh dalam lingkungan udara, kabut dan tanpa tanah. Tanaman tersebut membutuhkan air dan pupuk jauh lebih sedikit, tidak perlu pestisida dan tumbuh hingga tiga kali lebih cepat dari tanaman yang ditanam di tanah.

NASA berharap akan ada fasilitas reguler di luar angkasa, untuk ISS dan para astronot untuk tersedianya tanaman segar yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk persediaan sumber makanan secara alami.

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?