GuidePedia

0


Indonesia adalah negara yang memiliki harta karun wisata luar biasa. Mulai dari Sabang hingga Merauke terdapat banyak sekali spot eksotis yang wajib dijelajahi. Tidak hanya di daerah-daerah populer saja, di berbagai tempat terpencil di tanah ini pun menyimpan banyak kejutan yang sayang sekali bila tak pernah kamu jamahi.

Selain alasan kemolekan alam, mau tahu apa saja alasan yang membuatmu harus merencanakan bervakansi ke berbagai tempat kecil di Indonesia? Ini dia ulasannya:

1. Tidak hanya kaya akan pesona saja, spot wisata di daerah terpencil menjadi makin istimewa karena jauh dari jangkauan wisatawan pada umumnya


Pink beach, Flores yang virgin via instagram.com

Membicarakan soal kecantikan alam, baik di daerah besar dan terpencil tentu memiliki pesonanya masing-masing. Jika di Bali ada Pantai Pandawa, maka di Natuna ada juga pantai epik bernama Pantai Pengadah. Dua-duanya sama-sama cantik dan juga eksotis. Lalu apa yang membedakannya?

Jawabannya adalah virginitas kedua tersebut. Tempat-tempat wisata di daerah terpencil yang jauh dari jangkauan orang terasa lebih istimewa saat dikunjungi. Mulai dari kebersihan yang relatif masih terjaga sampai rasa tenang yang ada di sana membuat liburan ke tempat terpencil selalu terasa istimewa.

2. Pelesiran ke berbagai daerah yang memiliki budaya dan adat istiadat berbeda akan menunjukkan betapa kayanya Indonesia


adat istiadat kaya via indoparsada.blog.com

Kelebihan yang dimiliki Indonesia tidak hanya soal potensi wisata saja, tapi juga berbagai kebudayaan yang ada di dalamnya. Ada banyak sekali keragaman suku, adat istiadat, dan bahasa daerah yang sebetulnya menarik untuk ditelusuri. Seperti misalnya saja jika bicara mengenai Suku Batak yang terdiri dari Batak Toba, Karo, dan juga Simalungun yang meski barlabel Batak tapi tetap saja memiliki perbedaan.

Nah dengan berpelesir ke berbagai tempat terpencil, kamu dapat mengetahui lebih banyak mengenai perbedaan ini. Kamu bisa mempelajari apa sih yang berbeda dari antara suku-suku tersebut baik dari segi bahasa atau adat istiadat. Dari sana pula kamu juga dapat menyadari betapa kayanya negara kita.

3. Hanya dengan pergi ke daerah kecil kamu bisa merasakan nikmatnya hidup tanpa gangguan polusi dan kebisingan


jauh dari polusi dan juga kebisingan via instagram.com

Berlibur ke tempat yang tenang, gak macet, dan jauh dari hiruk pikuk adalah impian dari setiap wisatawan. Karena tujuan dari liburan adalah menenangkan pikiran tentunya bisa jauh dari kebisingan saat kamu harapkan. Sayangnya bila kamu memilih ke tempat-tempat yang sudah populer, ketenangan seperti ini sedikit sulit di dapatkan. Alasannya sederhana, ada banyak orang yang juga datang ke sana.

Karena itu apabila kamu memang sedang dalam misi jauh dari keramaian cobalah rencanakan berlibur ke daerah kecil. Tidak adalah salahnya loh kamu mencoba menjelajahi Pantai Tanjung Bira atau mungkin melancong ke Wamena yang terkenal dengan perbukitan indahnya.

4. Dari warga yang tinggal di daerah kita bisa belajar tentang cara hidup selaras dengan alam sekitar


Upacara Sasi untuk keseimbangan alam via yennyletsoin.blogspot.com

Orang-orang di daerah terpencil yang pada umumya menggantungkan hidup pada alam memiliki kepekaan yang tinggi terhadap bumi ini. Seperti misalnya ada beberapa daerah yang senantiasa menjaga keselarasan alam dengan mengadakan Upacara Sasi. Orang-orang daerah menghormati bumi tempat mereka tinggal dengan sangat baik.

Kearifan lokal seperti inilah bisa kamu pelajari saat menyempatkan diri melancong ke berbagai daerah kecil. Dari mereka kita akan belajar banyak tentang seni menghargai alam.

5. Perjalanan panjang yang biasanya akan kamu tempuh kala berlibur ke daerah terpencil akan membuat acara liburanmu selalu terkenang


perjalanan seru dan berkesan via caderabdul.wordpress.com

Selain keindahan alamnya, yang membuat traveling di Indonesia sangat berkesan adalah perjalanan yang harus ditempuh saat ingin pergi ke sana. Seperti misalnya saat kamu ingin berlibur ke Wakatobi yang terkenal dengan keindahan alamnya. Kamu harus merasakan dulu menempuh perjalanan mulai dari darat, laut, sampai dengan udara sebelumnya akhirnya sampai.

Perjalanan ke tempat wisata di terpencil seperti inilah yang akan membuatmu liburanmu semakin berkesan. Jika biasanya kamu hanya perlu menempuh perjalanan sederhana kali ini rasakan sensasi berpetualang yang akan kamu kenang.

6. Melancong ke daerah yang jauh dari jangkauan akan menambah kepiawaianmu beradaptasi dengan lingkungan baru


melatih kemampuan beradaptasi via andinapc.wordpress.com

Pergi ke sebuah tempat baru yang terasa asing tentu menuntut kemampuanmu untuk bisa beradaptasi. Mulai dari bahasa, hal yang boleh kamu lakukan atau tidak, dan lain sebagainya. Apabila jika daerah yang kamu kunjungi adalah daerah kecil yang belum banyak orang datangi sehingga untuk referensi saja susah. Kemampuan untuk menyesuaikan diri semakin diuji.

Bila kamu adalah tipe orang yang senang dengan tantangan macam itu. Jangan sia-siakan loh kesempatan berpetualang ke berbagai tempat terpencil yang menantang seperti ini.

7. Tantangan yang kamu temui selama berlibur di kota kecil akan membuatmu bersyukur tinggal di kota besar yang syarat dengan berbagai kemudahan


sepulang dar sana akan semakin bersyukur via newsfromnomads.com

Berwisata ke daerah kecil akan mengajarkanmu menjadi orang yang lebih banyak bersyukur. Terbatasnya tempat berbelanja, belum terbangunya infastruktur dengan baik, sampai dengan hal sepele sulitnya mencari sinyal membuatmu akan semakin beruntung tinggal di kota besar.

Jalan-jalan ke daerah terpencil mungkin belum menjadi agendamu selama ini. Akan tetapi semoga dengan ulasan Aing, kamu akan semakin tertantang untuk melakukan jalan-jalan lebih jauh lagi.



Post a Comment Blogger

Beli yuk ?