GuidePedia

0

Umumnya bank menerima jaminan pinjaman berupa barang berharga seperti emas atau berlian. Namun bank Credito Emiliano justru menerima jaminan unik berupa keju parmesan. Hal ini dilakukan untuk membantu produsen keju parmesan Italia tetap menjalankan usahanya.

Seperti dilansir dari Oddity Central (03/07/15), bank Credito Emilianoyang banyak ditemui di bagian tengah dan utara Italia menerima keju parmesan sebagai jaminan bagi para produsen keju yang ingin meminjam uang. Praktek ini rupanya telah berlangsung sejak tahun 1953.

Di bank ini para produsen keju bisa mendapat pinjaman murah dengan bunga sekitar 3 persen. Disamping membayar bunga, mereka juga dikenakan biaya pemeliharaan keju selama proses pembayaran pinjaman masih berlangsung.

Walaupun jaminan berupa keju parmesan tidak terdengar semewah emas atau berlian, namun siapa sangka keju yang disimpan di bank Credito Emiliano ini nilainya mencapai 200 juta dollar atau lebih dari 2 triliun rupiah.

Seperti diketahui, Italia mengalami krisis ekonomi terburuk sejak perang dunia kedua sehingga banyak pengusaha lokal disana, termasuk produsen keju parmesan terancam bangkrut. Bank Credito Emiliano pun berusaha menyelamatkan mereka dengan menawarkan pinjaman keju ini.

Pihak bank menyadari selama ini produsen keju parmesan lokal menghadapi masalah dalam proses produksi keju. Hal ini karena dibutuhkan waktu sekitar dua tahun untuk menunggu keju siap dipasarkan. Para produsen keju pun kebingungan mencari dana guna membeli bahan baku dan membayar gaji pegawai selama menunggu waktu tersebut.

Untuk menjaga proses produksi keju terus berlangsung, bank Credito Emiliano menawarkan solusi terbaik dengan menerima keju sebagai jaminan pinjaman. Para produsen keju mengaku senang karena mereka bisa mendapatkan 80 persen dari total harga jual keju miliknya dengan bunga yang kecil.

Di sisi lain, pihak bank tidak memiliki banyak risiko dari menerima jaminan pinjaman berupa keju. Bilapun produsen keju mangkir membayar pinjaman, mereka dapat segera menjual keju tersebut dengan harga yang pantas.

Keju parmesan Italia, Parmigiano-Reggiano dikenal sebagai raja keju parmesan atau Prince of Parmesans. Keju ini dikemas dalam bentuk roda raksasa karena terbuat dari 550 liter susu. Untuk menyimpan lebih dari 10 ribu keju parmesan, pihak bank memiliki ruang penyimpanan yang suhunya dapat diatur sesuai kebutuhan.

Bank Credito Emiliano juga menempatkan petugas keamanan untuk menjaga ruang penyimpanan tersebut. Hal ini dilakukan karena bank telah menjadi target perampokan lebih dari tiga kali. Untungnya, petugas berhasil menangkap para pencuri sebelum mereka beraksi.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?