GuidePedia

0

Rasa kantuk bisa saja dialami ketika sedang bekerja di kantor. Meski demikian, bukan berarti tidak ada trik yang bisa dilakukan untuk mengusir kantuk di kantor, terutama ketika sedang berpuasa.

Seperti apa? berikut rangkuman trik-trik yang bisa dilakukan guna mengusir kantuk di kantor ketika berpuasa seperti ditulis Aing pada Rabu (17/6/2015).


1. Sempatkan tidur 10-15 menit
"Boleh mengambil waktu tidur siang 10-15 menit jika rasa kantuk tidak dapat ditahan. Tapi jangan berlebihan," kata dr Ahmad Fuady, M.Sc-HEPL selaku Kepala Klinik Dokter Keluarga FKUI Kayu Putih.

Dengan menyempatkan tidur siang 10-15 menit saja hal tersebut bisa mengembalikan kesegaran tubuh.

2. Lakukan stretching
dr Ahmad menegaskan, pada kondisi biasa pun dan sedang tidak berpuasa, streching memang diperlukan jika posisi kerja cenderung statis.

"Dianjurkan pula pada kondisi di luar puasa jika posisi kerja cenderung statis dan ergonomi tidak baik. Dapat berperan pula mengusir penat dan kantuk," ujar dr Ahmad.

3. Cukupi waktu tidur malam
Waktu tidur optimal sangat diperlukan termasuk pula ketika bulan Ramadan, demikian dikatakan dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH dari FKUI/RSCM. Apalagi, seseorang harus bangun di saat sahur sehingga waktu tidurnya cenderung berkurang.

"Segerakan tidur, maksimal jam 10 malam. Lalu, jangan gunakan waktu untuk hal-hal yang tidak jelas," ucap dr Ari.

4. Lakukan senam ringan
Senam ringan bisa dilakukan di meja kantor atau berjalan santai. dr Ari menuturkan, justru jangan terlalu sering duduk karena hal itu malah bisa membuat kantuk bertambah parah.

"Bisa melakukan gerakan ke atas, bawah, kanan, dan kiri. Asal tidak terlalu mengeluarkan keringat tidak masalah karena dikhawatirkan justru bisa membuat dehidrasi," kata dr Ari.

5. Hindari makanan kalori tinggi
dr Ari mengingatkan untuk menghindari makanan yang mengandung terlalu banyak kalori baik saat sahur maupun berbuka. Sebab, makana dengan kandungan karbohidrat tinggi justru membuat seseorang mudah ngantuk. 

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?