GuidePedia

0

Jakarta - Air sangat diperlukan tubuh karena sekitar 60% tubuh terdiri dari air. Selain menghilangkan dahaga, air juga dapat mengatur suhu tubuh, menghilangkan racun, mempertahankan kelembaban, membuat kulit sehat serta menjaga berat badan. 


Karenanya asupan air harus cukup. Namun, kebutuhan jumlah air yang harus diminum setiap orang berbeda-beda, tergantung dari berat badan, tingkat dehidrasi, banyaknya air yang hilang dan aktifitas yang dijalani. 


1. 8 Gelas Sehari

Anda pasti sering mendengar bahwa meminum air sebanyak 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter air (250ml air per gelas). Teori ini sangat populer karena mudah diingat dan diterapkan. Namun sebenarnya, kebutuhan minum juga tergantung kebutuhan tubuh masing-masing. Pastikan, meminum segelas air putih pertama ketika bangun di pagi hari.


2. Hitung Berat Badan

Berat badan menentukan berapa banyak air yang harus diminum setiap harinya. Contohnya, seseorang dengan berat badan 50kg tidak meminum air setara dengan orang yang berat badannya 100kg. Tetapi, air yang diminum per harinya dapat dihitung. Berat badan x 2/3 = Jumlah Air yang dibutuhkan dalam sehari.


3. Amati Air Kencing

Seseorang yang mengalami dehidrasi membutuhkan air lebih banyak. Anda dapat menentukan jika dehidrasi dengan mengamati warna air kencing yang dikeluarkan dari tubuh. Jika urin tidak berwarna kuning atau sulit dikeluarkan, Anda harus minum air lebih banyak lagi.


4. Menggantikan Air

Hitung jumlah air yang hilang pada tubuh ketika ke toilet, bernapas dan melakukan aktifitas lain dengan total sekitar 2-3 liter air yang hilang per hari. Ini artinya Anda harus minum lebih banyak untuk menggantikan air yang hilang tersebut.


5. Tingkat kegiatan

Kegiatan seperti berolahraga pasti mengeluarkan keringat yang banyak. Ketika berkeringat pasti kehilangan cairan dalam tubuh. Agar tidak mengalami dehidrasi, tambahkan 360 ml air yang diminum dalam seharinya untuk setiap 30 menit beraktifitas.

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?