GuidePedia

0

Jakarta - Wali Songo adalah para tokoh yang berjasa besar menyebarkan Islam di Pulau Jawa. Di bulan Ramadan ini mengapa tak coba sesuatu yang luar biasa seperti road trip menelusuri jejak sembilan wali ini.

Wali Songo adalah penyebar agama Islam di Tanah Jawa pada abad ke-14. Para Wali Songo ini tersebar di tujuh wilayah di pantai utara Pulau Jawa, yaitu Surabaya, Gresik, Lamongan, Demak, Kudus, Muria, dan Cirebon.

Makam Sunan Gunung Jati di Cirebon 
Sunan pertama adalah Sunan Gresik. Sunan ini berada di Gresik, Jawa Timur. Selanjutnya adalah Sunan Ampel di Surabaya, Sunan Bonang di Tuban, Jawa Timur.

Berjalan ke Kudus, Anda bisa menapaki jejak Sunan Kudus. Belum selesai, Wali Songo masih ada di Gresik, yaitu tempat Sunan Giri. Setelah itu barulah ada Sunan Kalijaga, Sunan Muria, dan Sunan Gunung Jati makamnya terletak di Cirebon.

Disusun Aing, Kamis (18/6/2015) dengan asumsi Anda berangkat dari Jakarta, perjalanan bisa dimulai dengan mengarah ke Cirebon. Di sana, nanti bisa melihat Makam Sunan Gunung Jati dan Masjid Sunan Gunung Jati yang berdekatan.

Bangunannya yang berwarna putih dan banyak pernik keramik China menampilkan sisi akulturasi yang tak kalah menarik. Selanjutnya bisa mengarah ke Semarang dan Demak.

Di Demak, Anda bisa menengok ke Makam Sunan Kalijaga yang berada di Desa Kadilangu. Meski di desa kecil, namun makam ini tak pernah sepi peziarah lho!


Masjid Menara Kudus 






Area wisata religi Sunan Ampel

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?