GuidePedia

0

Saat bulan Ramadan seperti ini, suasana sekitar mendadak terasa berbeda. Ada banyak hal seru yang tidak akan bisa kita temui pada bulan-bulan biasa.

Salah satunya kebiasaan ngabuburit. Melakukan berbagai aktivitas untuk 'membunuh' waktu selagi menunggu waktu berbuka sudah seperti ritual wajib bagi umat Islam di Indonesia.

Kalau dulunya ngabuburit hanya meliputi aktivitas religius seperti mengaji di masjid, sekarang istilah ngabuburit sendiri sudah bergeser menjadi berbagai jenis kegiatan yang lebih luas cakupannya.

Nah, kira-kira aktivitas ngabuburit apa saja yang jadi favorit orang Indonesia? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Berburu takjil

Mendengar kata ngabuburit, mungkin hal pertama yang mampir di benak kita adalah takjil. Stan-stan penjaja takjil yang menjamur selama bulan Ramadan menjadi bagian tak terpisahkan saat puasa. Berburu jajanan di pasar takjil pun menjadi aktivitas paling umum yang dilakukan saat bulan Ramadan. Tak hanya menyambangi pasar takjil, kadang kita juga kebagian rejeki dari sejumlah komunitas yang sedang bagi-bagi takjil gratis.

2. Bikin acara buka bersama

Begitu bulan Ramadan tiba, mendadak jadwal kita penuh dengan agenda buka puasa bersama. Ada buka bersama teman-teman kantor, teman zaman kuliah, sampai buka bareng teman-teman SD. Tujuannya apa lagi kalau bukan silaturahmi alias reuni kecil-kecilan. Masjid setempat pun biasanya rutin mengadakan acara berbuka bersama atau setidaknya bagi-bagi takjil.

3. Main petasan

Bagi yang tinggal di daerah perkampungan mungkin masih sering menjumpai anak-anak kecil seru-seruan dengan menyalakan petasan. Biasanya acara main petasan ini disambung lagi setelah tharawih.

4. Nongkrong


Yang namanya anak muda zaman sekarang, ngabuburit itu berarti nongkrong bareng. Coba perhatikan alun-alun dan taman kota. Menjelang waktu buka, biasanya di sepanjang pinggiran jalan banyak motor diparkir sementara pemiliknya duduk-duduk di trotoar atau di atas motor.

5. Nge-mall


Buat yang dompetnya sedikit tebal, level nongkrongnya pun beda. Bukan lagi trotoar, mall dipilih sebagai tempat ngabuburit. Sembari menunggu waktu berbuka, kita bisa shopping, nonton di bioskop, atau sekadar cuci mata. Itulah beberapa ritual ngabuburit yang menjadi aktivitas wajib orang Indonesia.

Bagaimana dengan Anda? Aktivitas positif apa yang paling sering Anda lakukan untuk menunggu waktu berbuka?

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?