GuidePedia

1
Mark dan Tina, penduduk kampung nudis Spielplatz (Twitter)

St Albans - Sepintas, Spielplatz tampak seperti layaknya pedesaan lain di Inggris. Namun Anda akan langsung terkejut ketika bertemu penduduknya, karena mereka telah telanjang bulat sejak 85 tahun silam. 

Tidak ada yang menyangka bahwa Spielplatz ternyata adalah kampung nudis tertua di Inggris. Seperti dilihat Aing dari situs resminya, Jumat (12/6/2015), Spielplatz selama ini memang tersembunyi dari pantauan publik.

Hal itu dikarenakan penduduk yang tinggal di sana terikat pada perjanjian untuk tidak mengumbar ketelanjangannya di depan publik. Kelompok naturist yang hidup dengan bertelanjang ria itu memang agak tertutup soal gaya hidupnya.

Namun, sebuah film dokumenter yang mengulas habis tentang desa ini akhirnya dipublikasi ke publik, Desember silam. Film dokumenter itu ditayangkan oleh More4, sebuah channel TV di Inggris. Sejak saat itu, gaya hidup telanjang bulat di Spielplatz mulai terkuak ke publik Inggris.

Desa Spielplatz, yang dalam bahasa Jerman berarti tempat bermain, terletak di kawasan Bricket Wood yang berjarak sekitar beberapa kilometer dari St Albans, Hertford, Inggris. Desa ini terdiri dari 34 rumah tetap, dan 24 rumah lainnya disewakan untuk turis.

Tak hanya perumahan, ada juga club house, tempat dimana para warga nudis di Spielplatz biasa berkumpul dan melakukan berbagai aktivitas, antara lain berdisko, bermain kuis, hingga karaoke bareng. Semuanya dilakukan dengan gembira dan apa adanya.

Awal mulanya, perkampungan nudis ini diprakarsai oleh Charles Masackie, yang membeli tanah seluas 4,85 hektar dengan harga 500 Poundsterling (Rp 10 Juta) di tahun 1929. Lalu keturunannya, Iseult Richardson (82) meneruskan tradisi ayahnya dan menularkannya ke tetangga yang lain.

Rata-rata penduduk di Spielplatz memang sudah berusia relatif uzur. Maklum, mereka sudah tinggal di sana sejak 80 tahun silam. Walaupun uzur, mereka terlihat gembira dalam menjalani hidup. Mereka menjalankan aktivitas normal seperti berbelanja, membersihkan halaman, dan berkebun. Semua itu tentu saja dilakukan dengan telanjang bulat. Ada-ada saja.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?