GuidePedia

0



Sistem pengamanan yang ada di Google Play Store maupun Apple App Store tampaknya bukan lagi sebuah halangan yang berarti bagi para hacker asal Tiongkok. Jika beberapa minggu yang lalu mereka sukses menyertakan malware ke dalam App Store, kini mereka kembali sukses menyelipkan malware lain lagi ke Google App Store.

Malware baru yang dijuluki sebagai Ghost Push ini ditemukan oleh Cheetah Mobile pada awal minggu ini, dan mereka mencatat bahwa malware tersebut telah sukses menyerang 900 ribu perangkat. Selain sukses menembus sistem pengamanan di Google Play Store, Ghost Push mampu mendapatkan akses root secara menyeluruh serta mengendalikan perangkat secara remote.


Aplikasi yang biasa diserang meliputi Calculator, Smart Touch, Assistive Touch, Talking Tom 3, Easy Locker, Privacy Lock, dan masih banyak lagi. Setelah sukses mendapatkan pengendalian sebuah perangkat, para hacker asal Tiongkok akan mendorong instalasi aplikasi berbayar tanpa sepengetahuan pengguna serta menampilkan iklan sebanyak mungkin ketika pengguna memakai perangkat Android mereka. Lewat cara ini, Cheetah Mobile memperkirakan bahwa malware Ghost Push mampu menghasilkan pendapatan sebesar $4,05 juta atau setara Rp 54 miliar per hari!

Saat ini Google telah mengetahui keberadaan aplikasi-aplikasi yang telah disusupi Ghost Push dan menghapusnya dari Google Play Store. Namun jika Anda mencurigai bahwa ponsel atau tablet Anda telah terinfeksi dna menunjukkan gejala seperti yang disebutkan di atas, Cheetah Mobile mengembangkan sebuah aplikasi anti-virus satu-satunya yang bisa mendeteksi sekaligus menghapus Ghost Push dan Anda bisa langsung mengunduhnya di Google Play Store lewat tautan ini.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?