GuidePedia

0

Beberapa orang meyakini bahwa nasi putih yang dibiarkan semalaman akan menurunkan kadar gula di dalam nasi, sehingga akan baik untuk penderita diabetes.

Ilustrasi (Wikipedia)


Cukup banyak makanan yang dianjurkan bagi para penderita diabetes. Salah satunya mungkin sudah pernah kita dengar: nasi putih yang didiamkan semalaman baik untuk penderita diabetes, benarkah?

Beberapa orang meyakini bahwa nasi putih yang dibiarkan semalaman akan menurunkan kadar gula di dalam nasi, sehingga akan baik untuk penderita diabetes.

Namun, penelitian Malaysia dalam Malaysian Journal of Nutrition dan Nigeria dalam Nutrition & Food Science, menunjukkan tidak ada proses apa pun yang muncul dari nasi yang didiamkan semalaman hingga dapat dikatakan baik untuk penderita diabetes.

Ada pula penelitian lain dalam Journal of Nutrition College, yang menyebutkan bahwa nasi yang disimpan dalam suhu tinggi, akan memiliki pati resisten yang lebih banyak dibandingkan nasi yang baru dimasak. Dengan itu maka akan menurunkan nilai Glycemic Index (GI), yaitu ukuran seberapa tinggi dan cepat suatu makanan meningkatkan gula darah.

Meski demikian, penelitian terhadap subjek prediabetes menunjukkan bahwa asupan nasi yang didiamkan semalaman tidak menurunkan kadar gula darah postprandial (setelah makan) hingga lebih rendah dibandingkan asupan nasi yang baru dimasak.


Lebih baik mengganti nasi dengan sumber karbohidrat lainya yang memiliki nilai GI lebih rendah, seperti nasi merah. Karena masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut mengenai kebenaran nasi putih yang didiamkan semalaman baik untuk penderita diabetes.

(Lusia Kus Anna/Sumber: intisari-online.com via kompas.com)

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top