GuidePedia

0


Tanaman hias atau tanaman obat?

Sudah jamak sekali tanaman yang memiliki bunga maupun daun yang indah serta menarik dijadikan tanaman hias untuk mempercantik taman-taman atau halaman rumah. Demikian sebaliknya jarang yang tahu bahwa kecantikan tanaman itu mempunyai manfaat kesehatan yang luar biasa juga. Sebut saja tanaman Puring. Untuk mereka penghobi tanaman hias pasti sudah sangat mengenal tanaman yang satu ini. Tanaman perdu ini memang mempunyai bentuk serta warna daun yang sangatlah beragam. Karenanya Puring sangatlah disenangi dipakai juga sebagai tanaman hias.

Puring rasanya pahit, berbentuk dingin serta beracun. Akar serta kulit batangnya berasa pedas. Bahan kimia yang terdapat dalam puring salah satunya yaitu getahnya memiliki kandungan tanin. Dampak farmakologis salah satunya memperlancar peredaran darah, peluruh keringat serta pencahar enteng.

Riset yang sudah dikerjakan melaporkan bahwa tanaman Puring dengan nama latin Codiaeum variegatum mempunyai aktivitas pada antivirus influenza A yang disebut sianoglukosida.

Bagaimanakah memakai Puring sebagai obat?

1. Untuk menyembuhkan cacingan, nafsu makan turun, sembelit kejang lambung, serta penyakit kencing pada anak

Langkahnya : Rebus 11g ranting muda dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas, dinginkan lantas saring. Minum air rebusan 2 kali satu hari 1/2 gelas setiap saat minum.

2. Perut mulas

Langkahnya : Tumbuk halus 1 jari akar puring serta 3 lembar daun sesuru (Euphorbia nerifolia L) lantas imbuhkan air seperlunya, saring airnya alalu minum sekalian sekali dalam satu hari. Ramuan ini mempunyai efek samping diarekaena berbentuk pencahar, namun sakit perutnya hilang.

3. Sakit perut pada anak

Daun puring berwarna kuning (Croton varegatum B) yang masih tetap muda serta segar ditumbuk hingga halus, imbuhkan air hingga jadi semacam bubur. Berikan ramuan itu pada perut anak.

4. Obat Sifilis

1 batang puring utuh dicuci bersih, lantas rebus dengan 5 gelas air hingga tersisa setengahnya. Dinginkan dulu saat sebelum disaring. Imbuhkan gula seperlunya. Minum ramuan ini 3 kali satu hari.

5. Sulit berkeringat serta penyakit Eksim


Rebus 11 g daun puring dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Sesudah dinginminum air rebusannya 2 kali satu hari masing-masing 1/2 gelas.

Mudah-mudahan berguna!


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?