GuidePedia

0


Selama ini daun sambiloto di kenal dengan rasa pahitnya. Tetapi ternyata di balik rasa pahit yang dimiliki ternyata memiliki kandungan beragam banyak faedah untuk kesehatan tubuh kita. Oleh karena faedah yang dikandungnya ini membuat daun dengan nama ilmiah Andrographis paniculata ini jadi salah satu pilihan atau alternatif untuk mereka yang lebih pilih penyembuhan tradisional dari bahan–bahan herbal. Bahan itu memang cukup bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Rasa pahit itu datang dari kandungan laktone yang terbagi dalam deoksiandrografolid, andrografolid (zat pahit), neoandrografolid, 14-deoksi-11-12-didehidroandrografolid, serta homoandrografolid. Selain itu Sambiloto juga memiliki kandungan Flavonoid, alkan, keton, aldehid, mineral, asam kersik, serta damar.


Masyarakat memakai bagian tajuk (daun batang) tumbuhan ini juga sebagai bahan obat tradisional untuk obat kuat, demam, kolera, diabetes, influenza serta bronkhitis. Selain itu menyembuhkan hepatitis, infeksi saluran empedu, disentri basiler, tifoid, diare, radang amandel, (tonsilitis), abses paru, radang paru (pneumonia), radang saluran napas, radang ginjal akut, radang telinga tengah, radang usus buntu, sakit gigi, malaria, kencing nanah, TB paru, skrofuloderma, batuk rejan, sesak napas, darah tinggi, kusta, leptospirosis, keracunan (jamur singkong, tempe bongkrek, makanan laut), kanker, kehamilan anggur, serta tumor.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?