GuidePedia

0



Rilisan update Android 6.0 Marshmallow telah menghadirkan begitu banyak fitur baru bagi para pengguna; mulai dari pengendalian ijin akses bagi tiap aplikasi, dukungan untuk USB Type-C dan sensor sidik jari, Google Now on Tap, serta manajemen penghematan energi baterai ponsel. Selain fitur-fitur yang menonjol tersebut, Google juga tak lupa menyertakan sebuah fitur minor yang letaknya agak tersembunyi dan mungkin sudah sering dilihat di custom UI seperti MIUI atau Vibe UI, yaitu file manager.

Bagi Anda yang baru saja memakai Android dan masih asing dengan istilah ini, fitur file manager pada dasarnya mirip seperti fitur Explorer di komputer Windows, dimana Anda bisa mengakses berbagai macam file dan aplikasi yang tersimpan di dalam perangkat, termasuk memindah atau menghapusnya. Jika di MIUI fitur tersebut bisa langsung diakses lewat shortcut atau toggle di halaman depan, untuk Android 6.0 fitur ini baru bisa diakses lewat beberapa langkah.

Untuk mengaksesnya, langsung saja buka aplikasi Settings > pilih opsi Storage & USB > scroll ke bawah untuk menemukan opsi Explore. Selesai.

Fitur file manager milik Android Marshmallow ini sayangnya hanya menyertakan kemampuan mendasar saja, dan mungkin terasa kurang canggih jika dibandingkan dengan fitur file manager dari ROM lain. Pengguna masih belum bisa menamai ulang file, memotong (cut) file, juga membuat sebuah folder baru. Yang bisa dilakukan pengguna sejauh ini cuma menyalin file, mengurutkan file berdasarkan kategori tertentu, membaginya lewat aplikasi lain, juga melakukan pencarian untuk file-file tertentu.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?