GuidePedia

0


China punya sajian sarapan populer yang enak. ​Ada mie, bubur, dim sum hingga bakcang aneka isi. Karenanya menu ini digemari orang di dunia.​

Hidangan China untuk makan siang dan santap malam sudah banyak dikenal. Begitu pula dengan menu sarapan di sana. Ada aneka sajian menarik dan beragam bercitarasa manis maupun gurih. Termasuk dimsum dan cakwe. 

1. Dim Sum


Dim Sum yang berarti "menyentuh hati" merupakan salah satu tradisi sarapan yang bisa ditemui di Chinatown seluruh dunia. Bermula dari China Selatan, dim sum menjadi camilan yang disantap saat yum cha (waktu minum teh).

Di restoran, konsumen bisa memilih aneka jenis dimsum yang dibawa ke meja. Dimsum disajikan dalam klakat bambu atau piring kecil.

Dumpling atau gao menjadi sajian dimsum tradisional. Biasa diisi sayuran, udang, tahu atau daging. Isian tersebut dibalut kulit bening dari tepung terigu atau tepung beras.

Sajian lainnya yang biasa disajikan pada dim sum adalah bao, bola daging, ceker ayam, pastry kecil, lumpia dan kue manis. Variannya sangatlah banyak.

2. Teh


Teh menjadi bagian penting dalam sarapan, terutama pendamping dimsum. Biasanya ada pilihan teh hijau, oolong, melati, krisan dan jenis teh lainnya.

3. Bubur


Congee merupakan bubur nasi bercitarasa ringan. Biasa toppingnya beragam, tergantung wilayah. Ada yang menambah acar sayuran, kacang merah, kacang tanah, tahu, dan daging.

Telur pitan kerap kali disajikan bersama bubur. Telur ini dibuat dari telur ayam, puyuh atau bebek yang sudah diawetkan dalam alkali. Sehingga kuning telurnya jadi warna hijau tua dan bertekstur creamy. Telur teh yang dimasak dengan teh berempah juga biasa jadi bagian sarapan.

Selain beras putih, terkadang bubur dibuat dari beras hitam. Warnanya jadi keunguan saat dimasak. Beberapa orang menganggap bubur berwarna ini sudah penuh citarasa sehingga tak perlu ada tambahan topping.

4. Mie


Banyak masyarakat China yang menikmati semangkuk mie untuk sarapan. Apalagi di sana ada berbagai variasi sajian mie yang dapat dipilih.

Di China Utara yang banyak mengonsumsi gandum, semangkuk mie gandum merupakan jenis sarapan populer. Sedangkan di Selatan, mie beras lebih banyak dimakan, bersama dengan ubi kukus.

Di Wuhan, mie panas dan kering atau hot dry noodle (reganmian) disantap hampir semua orang saat sarapan. Sajian dibuat dengan mencampurkan minyak wijen dalam rebusan mie. Ketika mie ditiriskan dan diberi tambahan bumbu-bumbu pedas. Hasilnya adalah mie kenyal dan lezat.

5. Susu kedelai


Jiang atau susu kedelai manis dan panas merupakan salah satu sarapan populer. Biasa dimakan dengan youtiao (cakwe). Youtiao dicelupkan ke dalam susu kedelai sebelum menikmatinya.

6. Zongzi


Zongzi atau bakcang merupakan dumpling yang terbuat dari beras ketan. Kemudian dibungkus dengan daun bambu dan dikukus. Ada banyak varian isi untuk zongzi, tergantung wilayah. Bisa pasta kacang merah, talas, telur bebek, daging babi, jamur, maupun daging ayam. Selain di kaki lima, zongzi jadi sajian populer saat festival makanan dan biasa dimakan saat festival Dragon Boat.

7. Baozi


Orang China menyantap baozi atau bakpao kapan saja, tapi paling populer saat sarapan. Baozi bisa diisi babi cincang, sayuran, atau pasta kacang. Namun ada banyak variasi isian baozi, baik manis atau gurih.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?