GuidePedia

0

Diam-diam Serbia ternyata adalah negara penghasil keju termahal di dunia. Apalagi, keju Serbia ini ternyata berasal bukan dari sapi ataupun kambing, tapi dari susu keledai!

Keju ini disebut keju Pule berasal dari susu keledai Balkan mengeluarkan susunya sedikit-sedikit, dan harus diperas menggunakan tangan tiga kali sekali. Harga 1 pound atau 0,45 kg saja keju Pule ini mencapai 1.000 dollar atau sekitar Rp.13.300.000!

Keju mahal asli keledai Balkan ini juga hanya dibuat di satu peternakan yang bernama Zasavica Special Nature Preserve. Para peternak di tempat ini harus mengumpulkan 13, 2 liter susu dari 15 keledai ini setiap harinya untuk membuat 0,45 kg keju Pule.

Awalnya, keledai-keledai Balkan ini ditampung di Zasavica karena banyak diburu dan jumlahnya semakin sedikit. Karenanya, orang-orang Serbia berinisiatif untuk membuat peternakan khusus keledai.

"Karena keledai-keledai ini menghasilkan susu, kita pun berpikir, untuk membuat keju dari susu keledai ini saja," kata Jovan Vukadinovic sang manajer peternakan.

Konon dahulu sang Ratu Cleopatra pun telah menggunakan susu keledai untuk merawat kulitnya agar mulus dan sehat. Ia adalah salah satu dari sekian banyak orang yang percaya akan khasiat susu keledai ini.

Petenis kondang Novak Djokovic juga dikabarkan membeli banyak keju Pule saat ia memenangkan suatu pertandingan. Walaupun ternyata kabar ini bohong, berita ini menaikkan popularitas keju Pule dan membuat banyak semakin penasaran akan rasanya.

Lalu, bagaimana sebenarnya rasa dari keju termahal ini? Rasa keju ini sangat enak dengan kadar keasinan alami. Teksturnya pun unik dengan gumpalan-gumpalan kecil yang lembut.

Nah, sebagai kabar gembirabuat penyuka keju, keju yang terkenal mahal ini sekarang memberikan diskon bagi siapa saja yang membelinya. Dari harga 1000 dollar, kini siapa saja yang memborong keju ini hanya membayar 576 dollar atau sekitar Rp. 7.660.000 saja!

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?