GuidePedia

0

Jakarta sedang panas-panasnya saat siang hari. Hal ampuh untuk menumpasnya adalah dengan mencicip makanan atau minuman segar. Di sebuah jalan bernama Gunung Sahari, ada satu cemilan unik yang menjajakan es goyang.

Es goyang atau bahasa Inggrisnya ​'​swaying ice​' ini sebenarnya jajanan yang berasal dari Bandung. Namun, pada tahun 90-an, es goyang pun hijrah dari bumi Priangan dan terkenal di Jakarta. Namun, mengapa namanya Es Goyang?

Nama ini diambil lantaran adonan es yang dimasukkan dalam cetakan yang juga terdapat pendingin di dalam gerobak harus digoyang-goyang agar es bisa membeku dengan merata. Selain harus mendorong gerobaknya kemana-mana, si abang es goyang ini harus kuat menggoyang-goyang gerobak yang biasanya tidak kecil. Dalam sehari, ratusan batang es goyang ia buat dari tangannya.

Jalan Gunung Sahari​, membentang dari terminal bus Senen menuju Kota. Penjual es goyang ini berada dekat dengan sekolah swasta dan percetakan buku Obor. Di depan percetakan Obor inilah gerobak es goyang biasa mangkal di siang hari.

​Lapak​ es goyang hanya terdiri dari sebuah gerobak es goyang dan dua-tiga bangku. Jangan salah, ​meski sederhana​, tak jarang kita temukan berderet mobil​ ​antri di depannya. Tak sedikit pula orang yang membawacooler b​ox​ atau peti pendingin karena ingin memborong es goyang.

Racikan es goyang Gunung Sahari ini ​tak dibuat sendiri oleh penjualnya​. Ia mengaku ​h​anya menj​ualkan​ saja dari seorang bosnya. Gerobak serupa juga ada yang ​ber​keliling​ ke berbagai​ sekolah​ hingga kawasan​ Dukuh Atas. ​Waktu melihat isi gerobak es goyang ini dijamin bingung memlilih. Pasalnya ada beragam rasa. ​​Mulai dari ​cokelat, strawberry, kacang hijau, kacang merah, kacang hitam, nangka, alpukat, dan durian​.​

Setelah ​memilih rasa es goyang, lalu diberi ​pilihan untuk lumuran es goyang. Ada cokelat leleh yang manis dan kacang sangrai yang gurih. Pertama, es goyang dilumuri cokelat leleh yang akan membeku dalam waktu beberapa detik. Sebelum ​membeku seluruhnya ​​ditaburi kacang cincang halus. Kacangpun menempel pada cokelat dan membeku bersamaan. ​ 

Tak ada biaya tambahan jika Anda ingin melumuri es goyang dengan cokelat dan kacang. Cukup mengeluarkan uang sebanyak Rp 2.500 dan ​Anda bisa ngemil ​es goyang ​yang manis dengan rasa ​renyah gurih dari kacang sangrai.

​G​erobak hijau telur asin si abang es goyang ​ini di siang hari biasanya ​dipenuhi pelanggan​. Mulai dari ​anak sekolah, para ibu yang menunggu anaknya sekolah, bapak-bapak, hingga pekerja kantoran yang sering memborong untuk dibawa ke kantor​.​

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?