GuidePedia

0
http://ridwansyahyusufachmad.files.wordpress.com/2014/03/sejarah-asean.jpg
Seorang tamu dari Jakarta mengajak saya duduk di atas kap mobil jeep, kemudian diam termangu menikmati keindahan panorama di savana Bromo, sambil sesekali membidikkan kamera berlensa lebarnya. Pria paruh baya yang menyukai traveling, mencintai backpacker dan doyan berpetualang itu kemudian berkata, "Haram bagi saya untuk traveling ke luar negeri sebelum tuntas menjelajahi negeri sendiri". Dengan penuh egoisme tinggi beliau melanjutkan, "Indonesia itu kaya, Indonesia itu punya banyak surga. Saya suka tertawa dalam hati kalau dengar ada yang bercerita dengan penuh bangga sudah mengunjungi Singapura atau Thailand, tapi dia tidak pernah menikmati keindahan dan kesejukan bukit ini". Belum sempat saya menanggapi, beliau sudah menambahkan "Jangan bicara seluruh wilayah Indonesia dulu, saya yakin Jawa Timur saja sudah berani bicara di dunia". Kemudian melanjutkan perjalanan agenda tur Bromo kami.

Penasaran dengan perkataan beliau, begitu sampai di rumah saya pun langsung memasukkan satu persatu key word di google search untuk mencari pembuktian perkataan beliau. Dan inilah beberapa perbandingan yang saya dapatkan :

Phatong Beach, Phuket - Thailand (atas) VS Pantai Rajegwesi TN Merubetiri, Banyuwangi (bawah):


Hurghada, Mesir (atas) VS Bromo (bawah):


Julia Pfeiffer Burns State Park, California, Amerika Serikat (atas) VS Air Terjun Toroan, Sampang, Madura (bawah):


Uluru, Australia (atas) VS Afrika (tengah) VS Baluran (bawah):

 
Ballybunion Golf Club, Irlandia (atas) VS Savana Bukit Teletabis, Bromo (bawah):

Praia Do Sancho, Noronha Island, Brazil (atas) VS Teluk Ijo, TN Merubetiri, Banyuwangi (bawah):


Tak hanya keindahan alamnya saja yang berani diadu, tetapi sejumlah event tahunan yang digelar di kota kota di Jawa Timur pun juga layak diperhitungkan keberadaannya. Gambar di sebelah kiri diambil dari Nice France Carnival, sebuah event tahunan di Riviera, Perancis. Sedangkan gambar di sebelah kanan adalah foto dari Malang Flower Carnival. Salah satu event meriah yang diagendakan sekali dalam satu tahun di kota Malang.

Nice France Carnival (kiri) VS Malang Flower Carnival (kanan):

Jawa Timur saja sudah kaya akan tempat tempat indah yang layak dikunjungi dan patut dibanggakan ke seluruh dunia, apalagi kekayaan dan keindahan seluruh Indonesia. Seperti yang berikut ini..

Phi Phi Island Thailand (atas) VS Segara Anakan, Pulau Sempu, Malang (bawah):


Phi Phi Island VS Raja Ampat:
 
 

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top