GuidePedia

0


Baru saja berpetualang ke luar kota yang benar-benar belum pernah Anda kunjungi selama ini dan sepenuhnya mengandalkan Google Maps untuk mencapai tujuan Anda? Jika sepulang dari acara tersebut Anda mendapati bahwa ponsel Anda jadi lebih boros, mungkin ada sejumlah fitur yang Anda aktifkan guna membimbing Anda selama perjalanan dan fitur itulah yang membuat baterai ponsel Anda lebih boros ketimbang biasanya.

Untuk mengembalikan daya tahan baterai seperti semula, langsung saja simak beberapa langkah berikut ini:

Matikan fitur GPS:
Fitur ini terkenal sebagai fitur yang paling boros di ponsel. Maka dari itu, Anda sebaiknya membatasi penggunaannya, juga memilih-milih aplikasi mana saja yang bisa mengaksesnya. Mayoritas ponsel Android saat ini sudah memiliki toggle GPS untuk memudahkan pengguna mengaktifkan atau mematikannya, jadi langsung saja matikan fitur ini.

Menonaktifkan Google Access Location
Jika mematikan GPS masih kurang efektif, maka langkah berikutnya adalah mematikan fitur lokasi. Perlu dicatat bahwa fitur ini biasanya juga terhubung dengan aplikasi lain untuk keperluan geotagging, jadi ketika Anda mematikannya maka sejumlah fungsi di aplikasi lain mendadak hilang (seperti fitur check-in otomatis di aplikasi social media misalnya). Untuk mematikannya, langsung saja buka opsi Settings > Location dan ganti toggle ke posisi Off.

Clear cache & data untuk aplikasi Google Maps
Fitur cache dirancang agar data disimpan di ponsel untuk nantinya bisa diakses setiap waktu, tanpa harus loading data sejak awal. Sekiranya Anda sudah mengingat jalan menuju lokasi yang Anda tuju, maka akan lebih baik jika Anda segera menghapus file cache yang tersimpan di ponsel, mengingat file ini sering menimbulkan masalah. Untuk menghapusnya, langsung saja buka opsi Settings > Apps > cari ikon Google Maps > setelah ketemu, langsung saja pilih opsi untuk clear cache & data.

Downgrade Google Maps
Tergantung skala prioritas Anda; sekalipun memiliki begitu banyak fitur baru, namun sejauh ini sejumlah laporan di internet mengklaim kalau update terbaru Google Maps memang lebih boros ketimbang sebelumnya. Jika Anda tak keberatan (*atau malah tak pernah menggunakan fitur baru tersebut), langsung saja kembali ke versi lama dengan cara membuka Settings > Apps > cari ikon Google Maps > pilih Uninstall updates.

Matikan Google Maps
Jika segala cara di atas masih belum bisa menghadirkan penghematan yang Anda kehendaki, maka cara terakhir adalah dengan mematikan layanan Google Maps. Mengingat aplikasi ini adalah aplikasi bawaan dari Android, maka Anda tak akan bisa menghapusnya dari ponsel. Solusi yang bisa dijalankan adalah mematikan aplikasi, yang berarti bahwa aplikasi Maps masih akan tersembunyi di dalam ponsel, sementara ikon Maps beserta berbagai fungsinya bakal hilang dari layar.

Untuk mematikannya, langsung saja buka Settings > Apps > cari ikon Google Maps > pilih opsi Disable.



Post a Comment Blogger

Beli yuk ?