GuidePedia

0


Ada banyak kebingungan tentang apakah Rusia pernah mendaratkan kosmonotnya di Bulan atau belum. Banyak yg percaya bahwa sudah karena kosmonot sama terkenalnya dengan astronot. Mari kita uji dg fakta2 sejarah...


Tentang misi Luna 2

Ya, Russia udah pernah mendarat di bulan. Bahkan faktanya menurut sejarah mereka yg mendarat pertamakali. Tapi perbedaannya adalah Luna 2 mendarat tanpa awak di bulan pada 13 September, 1959.


Source: Flickr

Butuh 3 tahun buat AS untuk mencontoh Rusia ketika mereka mendaratkan misi tak berawak Ranger 4 di bulan. Semenjak itu sudah ada 12 pesawat angkasa antara AS dan Soviet yg mendarat dengan menggunakan pengereman roket – sesuatu yg Rusia sudah mampu bikin duluan.


Source: Flickr

Karena menggunakan teknik soft landing, misi2 tak berawak ini menuntun ke operasi2 pengetahuan tentang permukaan bulan. Kenyataannya Luna 16 berhasil membawa contoh tanah pada 24 September, 1970. Kesuksesan ini menurun ke Luna 20 dan  Luna 24 di tahun 1972 dan 1976. Diikuti kemudian dengankesuksesan misi pendaratan  Luna 17 dan Luna 21.


Source: Flickr

Bagaimana dengan pendaratan berawak ?

Hanhya amerikalah yg berhasil mengirim orang ke bulan. Tercatat ada 12 orang yg berhasil mendaratkan kakinya di bulan. Ini terdiri dari 6 misi  NASA yg terjadi dari tanggal 20 Juli 20, 1969 sampai 14 Desember 14, 1972.

Source: Flickr[/caption]

Tentu saja semua orang tahu itu adalah group Buzz Aldrin dan Neil Armstrong yg pertamakali mendarat di bulan dengan mengendarai Apollo 11. jejak kaki terakhir ditinggalkan oleh tim Jack Schmitt dan Gene Cernan ketika meninggalkan bulan dg pesawat Apollo 17.

Artinya walopun Rusia yg pertamakali mendarat di Bulan, tapi belum seorang Rusiapun yg menapakkan kakinya di bulan.

Segala sesuatu mulai berubah

Russia sekarang ni sedang mempersiapkan pendaratan manusia pada tahun 2030. Ini berdasarkan dokumen2 dari Roskosmos yg dibocorkan. menurut dokumen tersebut, sebuah peswat akan diujicoba dalam sebuah tes penerbangan mengelilingi bulan sebelum mendaratkan kosmonot di permukaannya.


Source: Flickr

Sebenernya sih Moskow sudah berterusterang tentang rencananya ini untuk mengirimkan kosmonot ke bulan selama beberapa tahun terkhir. Tapi baru kali ini menjadi berita utama.

Bangsa ini sekarang sedang menghadapi tekanan berat untuk menyelamatkan program luar angkasa mereka. beberapa satelitnya jatuh dalam beberapa tahun terakhir ini. Dengan misi berawak yg sukses, akan membangkitkan semangat program luar angkasa Russia lagi. Menurut mereka, ini akan mengembalikan kejayaan program luar angkasa Rusia kembali seperti pas dulu berlomba dalam pertarungan ketat dengan Amerika.

Kita percaya Putin!

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?