GuidePedia

0
Merawat kuku tangan dan kaki tak perlu mahal

Salon! Tak cuma cewek saja, banyak cowok yang juga sering mengunjunginya demi perawatan rambut dan seluruh badan. Keluar dari salon selalu menjadi momen yang menyenangkan. Rambut halus, kulit wajah lembut, dan kamu akan merasa cantik seharian.

Tapi, sebenarnya kamu nggak perlu selalu ke salon kok demi merawat badan. Dari perawatan kuku sampai rambutmu, kita bisa melakukannya sendiri di rumah. Selain biayanya lebih murah, kamu pun bisa mengajak teman-temanmu untuk mengadakan quality time bersama dengan melakukan perawatan di rumah ini.

Nggak perlu repot cari panduannya. Di bawah ini adalah beberapa tutorial sederhana yang bisa kamu coba!

Asal punya gunting kuku dan alat kikir, kukumu bisa sehalus dan selembut hasil salon

Melakukan ini di rumah hanya butuh 2 hal: gunting kuku, dan kikir kuku. Biasanya 2 benda ini memang sudah kamu punya, dan kalaupun kamu belum memilikinya, membelinya juga tak mahal kok.

Untuk manicure dan pedicure sendiri, langkahnya pun sederhana. Pertama, bersihkan kuku dari lapisan cat kuku dengan aseton atau nail polish remover non-aseton, lalu rendamlah tangan atau kakimu dengan air hangat sekitar 3-5 menit. Kedua, potong kuku dan rapikanlah. Lalu kikir kuku supaya rapi dan terlihat lebih berbentuk. Keempat dan terakhir, oleskan saja cat kukumu bila mau, supaya kukumu terlihat cerah dan lebih cantik lagi.

Tanpa harus mengeluarkan Rp40.000 lebih untuk meng-creambath rambutmu, dengan Rp5000-an kamu bisa mendapat rambut yang halus dan terawat baru

Creambath murah dan mudah
Creambath murah dan mudah via www.cantikalamiku.com

Perawatan rambut seperti creambath dan hair spa memang penting dilakukan 2-3 minggu sekali. Tapi kalau kamu malas ke salon dan punya krimnya sendiri di rumah, tak usah pergi ke luar kok! Pastikan dulu kamu punya krim creambath yang memenuhi kebutuhan rambutmu. Kalau belum punya, belilah di supermarket waktu belanja bulanan atau minimarket dekat rumah. Kedua, cuci rambutmu dengan shampo sampai bersih, lalu keringkan dengan handuk hingga setengah kering. Lalu oleskan krim creambath ke rambut — jika rambutmu panjang, belah dulu jadi empat bagian lalu oleskan krimnya dengan rata.

Setelah itu, kamu bisa memijat rambut dengan lembut selama 5 menit. Pijat juga daerah belakang leher dan bahu agar hilang segala pegalmu.

Steamer-nya gimana? Santai! Sebagai pengganti steamer di salon, kenakan saja shower cap ataupun handuk yang telah direndam dengan air panas. Diamkan selama 30 menit, kecuali rambutmu termasuk kering — karena rambut kering hanya butuh 15 menit "steaming". Terakhir, bilaslah rambutmu dengan bersih. Selesai! Mudah 'kan?

Kegiatan lulur pun bisa kamu lakukan sendiri. 

Luluran di rumah itu juga bisa

Luluran di rumah itu juga bisa via nembino.blogspot.com

Luluran berguna untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel di kulit. Macamnya ada banyak, kita bisa menggunakan lulur yang scrub ataupun non-scrub, aroma dan kandungan lulurnya bisa disesuaikan sendiri dengan kebutuhan kita. Ada yang berbau jamu tradisional, buah-buahan, atau susu. Tak perlu ke salon, kita bisa membeli lulur-lulur ini ke toko kecantikan atau ada juga beberapa yang di jual di supermarket. Kalau kamu telaten, kamu pun bisa membuat sendiri 

Cara menggunakannya cukup mudah. Pertama, bersihkanlah tubuh kita sebelum memakai lulur. Hal ini berguna untuk memaksimalkan peresapan kulit pada zat-zat yang terdapat pada lulur. Keringkan tubuhmu, namun jangan sampai terlalu kering karena lebih baik melulur kulit yang sedikit lembab agar scrub-nya bisa terasa lembut di kulit. Ketiga, oleskan lulur secara merata — untuk tempat-tempat yang tak bisa dijangkau sendiri, cobalah meminta bantuan teman. Diamkan selama 30-45 menit sampai scrub-nya kering dan kulitmu terasa kencang. Terakhir, bilaslah dengan handuk dan air hangat. Mandi dengan air panas juga bisa menjadi pilihan yang bagus.

Asal hati-hati melakukannya, perawatan telinga sederhana pun bisa dibuat mudah di rumah
Ear Candlebisa dirumah dan bersama-sama
Ear Candlebisa dirumah dan bersama-sama via the-hermeneutic-of-continuity.blogspot.com

Terapi lilin dilakukan untuk membersihkan kotoran di telinga. Biasanya memang dilakukan di salon, tapi sebenarnya versi sederhananya bisa kamu lakukan di rumah, kok.

Pertama, belilah ear candle di toko kecantikan, jenisnya ada bermacam-macam. Ada yang lilin mika, ada juga yang berbau aroma terapi. Kedua, sediakan piring kertas yang ukurannya disesuaikan dengan ukuran lilin untuk menahan kotoran pembakaran lilin. Bakar lilin di bagian atas dan tutup bagian bawahnya untuk menyumbat uap selama 10 detik. Setelah asap keluar, masukan lilin ke lubang telinga. Biarkan ear candle terbakar sampai sebelum garis batas, lalu padamkan dengan mencelupkan bagian lilin yang berapi ke dalam mangkok berisi air. Jangan ditiup agar debunya tidak beterbangan. Terakhir, laplah bagian luar telingamu dengan handuk yang lembut dan lembab.

Selamat tinggal bulu-bulu! Olesan karamel ini bisa membuat halus kakimu
Karamel buatan rumah di pakai untuk waxing dirumah
Karamel buatan rumah di pakai untuk waxing di rumah via www.myskinpharmacy.com.au

Kamu bisa melakukan waxing di rumah dengan cara ini. Pertama-tama, siapkanlah karamel untuk mencabut bulu-bulu dan kain kasa atau perban. Cara menyiapkan karamelnya: campur 2 cangkir gula pasir, ¼ cangkir air lemon, dan ¼ cangkir air panas dan didihkan hingga menjadi karamel. Setelah itu, oleskan karamel ke tempat yang bulunya akan dicabut. Tempelkan kain kasa/ perban mengikuti olesan karamel, tekan-tekan 3 kali sampai benar-benar menempel. Cabut kain secara cepat dari arah yang berlawanan dengan akar tumbuh bulu. Cuci kaki dengan air hangat, keringkan dan oleskan lotion. Jangan khawatir, waxing dengan karamel tidak sakit, kok.

Agar uangmu tetap utuh sampai akhir bulan, facial dengan masker kemasan pun bisa jadi andalan
Melakukan facial dirumah sangat mungkin
Melakukan facial dirumah sangat mungkin via www.ruthshairandbeauty.com

Masker wajah sekarang banyak dijual di supermarket. Sayang jika hal yang mudah dilakukan di rumah justru dilakukan di salon dengan biaya yang cukup mahal.

Masker yang biasa dijual biasanya berupa masker bubuk dan krim. Keduanya bagus, tapi lebih baik pakai saja yang bubuk dan campurkan dengan air mawar. Dengan ini, kita bisa mendapatkan sensasi segar di wajah dengan wangi mawar yang khas. Boleh juga mengoleskan peeling dulu pada wajah, sebelum membersihkannya dan mengaplikasikan masker. Kalau mau cepat, bisa juga kok langsung menggunakan masker!

Melakukan perawatan di rumah tidak ada salahnya. Di samping biaya yang lebih murah, kita juga tidak perlu repot-repot pergi keluar rumah. Bangga juga dong, bisa belajar merawat diri sendiri? 😉

Selamat mencoba!

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?