GuidePedia

1
http://www.necturajuice.com/wp-content/uploads/2013/01/Mastektomi-Parsial.jpg


Pertanyaan:

Assalamualaikum, 2 bulan yang lalu mama saya operasi tumor payudara tapi sekarang setelah operasi mama saya merasakan gatal di bekas operasi, dan kadang terasa ngilu dan ada benjolan di samping bekas operasi. apakah tumor itu tumbuh kembali? Terimakasih tolong di jawab

Wassalam..

Dari Dara Diamanda

Jawaban:

Mungkin yang anda maksud adalah operasi tumor jenis FAM (Fibro Adenoma Mammae), karena umumnya orang awam mengatakan tumor saja. Sedangkan untuk yang ganas adalah kanker. FAM merupakan tumor jinak payudara. Penyebabnya bermacam-macam, bisa karena kadar hormon estrogen yang tinggi di dalam tubuh. Hormon sangat mempengaruhi tumor dan tumor bisa terus tumbuh selama hormon tinggi.

FAM yang tumbuh lagi setelah operasi bisa saja, terutama jika masih ada sel-sel atau bagian yang masih tertinggal. Sisa-sisa ini akan tumbuh dan berkembang lagi selama masih ada atau tingginya kadar estrogen. Perlu anda ketahui juga, bahwa FAM bisa menjadi kanker ganas payudara. Oleh karena itu kami sarankan anda mempelajari tehnik pemeriksaan SADARI (periksa payudara sendiri) dan anda lakukan rutin sebulan sekali untuk mendeteksi adanya perubahan pada payudara.

Kami sarankan anda memeriksakan kembali ke dokter yang pertama kali mengoperasi anda, karena ia tahu riwayat operasi anda.

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasisyariah.com)

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top