GuidePedia

Simpanse dalah nama umum untuk dua spesies yang masih hidup dari kera dalam genus Pan. Sungai Kongo membentuk batas habitat alamiah dari kedua spesies ini:

Simpanse Biasa, Pan troglodytes (Afrika Barat dan Afrika Tengah)

Bonobo, Pan paniscus (hutan Republik Demokrasi Kongo)

Berikut beberapa kelakuan mereka:

Dua spesies simpanse di atas adalah kerabat terdekat manusia, semuanya anggota dari suku Hominini.

Kebanyakan simpanse jantan memiliki tinggi 1.7 m saat berdiri, dan memiliki berat 70 kg; yang betina lebih kecil.

Simpanse condong memperlihatkan tingkat agresi yang lebih tinggi daripada Bonobo. Simpanse dewasa, terutama jantan, dapat sangat agresif.

Simpanse Biadab:


Sebuah insiden unik yang mengejutkan terjadi di taman hewan Furuvik Zoo, Swedia. Seekor simpanse melakukan perencanaan terselubung dan menyerang para pengunjung dengan lemparan batu bertubi-tubi. Ini membuktikan bahwa simpanse bisa melakukan tahapan perencanaan seperti juga manusia! 

Seorang mahasiswa universitas pascasarjana Texas yang berjuang untuk hidup setelah dua simpanse menerkamnya di Afrika Selatan cadangan di mana ia mempelajari perilaku mereka, menyeretnya di tanah selama lebih dari satu mil.

Dalam kasus lain Charla Nash, seorang wanita Connecticut, yang pada tahun 2009 wajahnya dirobek-robek oleh simpanse 200-pon, Mr Oberle mengalami serangan bertubi-tubi, di mana dia digigit beberapa kali.

Perbedaan anatomi antara Simpanse biasa dan Bonobo hanya sedikit, tapi dalam seksual dan perilaku sosial mereka memiliki perbedaan yang menyolok.

Bonobo Cabul:


Bonobo (Pan paniscus) mungkin salah satu jenis monyet yang paling erotis. Monyet ini memiliki perilaku seksual yang kompleks tidak sekadar untuk reproduksi, tetapi juga kebutuhan sosial lainnya. Mereka secara berkala menjalin kontak seksual baik dengan lawan jenis maupun jenis kelamin yang sama.

"Seks digunakan untuk mengurangi stres dan kompetisi, membangun kerja sama, mengekspresikan dan menguji hubungan sosial, menyelesaikan konflik, serta menghibur individu yang mengalami kesulitan," kata Zanna Clay dari Emory University di Atlanta, AS.

Pada Bonobo jantan, kontak seksual sejenis juga terjadi. Setelah berkonflik, jantan saling menyentuh alat kelamin untuk meredakan ketegangan. (sumber)

 

Beli yuk ?

 
Top