GuidePedia

0


Thailand keluar sebagai juara edisi perdana, sementara Indonesia harus puas dengan torehan peringkat keempat.


Tahun ini, kejuaraan sepakbola Asia Tenggara atau yang biasa dikenal dengan Piala AFF yang merupakan salah satu turnamen paling bergengsi di kawasan Asia telah memasuki usia yang ke-20.

Digelar pada 1996 silam, total sepuluh tim ikut ambil bagian dengan di antaranya merupakan enam negara pendiri Federasi Sepakbola ASEAN (AFF) yakni Brunei, Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina serta empat tim undangan yaitu Vietnam, Kamboja, Myanmar, Laos.

Perusahaan bir ternama Asia, Tiger, didaulat menjadi sponsor utama sekaligus menjadi nama resmi turnamen, Piala Tiger yang berlangsung hingga 2004. Kejuaraan edisi pertama ini digelar di Singapura dan berlangsung pada 1-5 September.

Terbagi menjadi dua grup, laga perdana turnamen dimulai di Grup B dengan hasil imbang 1-1 antara tuan rumah Singapura yang menghadapi rival mereka, Malaysia di Kallang National Stadium.

Sementara mengenai kiprah Indonesia, skuat Garuda memiliki kampanye yang cukup mengesankan selama fase grup. Tim yang saat itu dihuni generasi Fachri Husaini, Peri Sandria, Robby Darwis hingga Kurniawan Dwi Yulianti sukses melewati hadangan Laos (5-1), Kamboja (3-0), Myanmar (6-1), Vietnam (1-1) dan keluar sebagai pemuncak Grup A.

Sayang langkah gemilang Indonesia tak berlanjut di babak semi-final, gagal melanjutkan langkah menuju final setelah digebuk Malaysia dengan skor 3-1. Demikian di perebutan tempat ketiga, pasukan arahan Danurwindo takluk 3-2 dari Vietnam.

Thailand berhasil menegaskan dominasi mereka sepanjang turnamen berlangsung dengan meraih gelar Piala AFF perdana mereka berkat gol tunggal Kiatisuk Senamuang memastikan kemenangan tipis 1-0 atas Malaysia di laga final.


Sumber


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?