GuidePedia

0

Google kirim robot anjingnya berlatih bersama marinir© marines.mil

Sebuah robot berbentuk anjing yang dibuat Google dan Boston Dynamics kini sedang berlatih bersama prajurit marinir Amerika Serikat sebagai upaya untuk mengasah kemampuan bertarung dan menguji kemampuan tempurnya.

Seperti dilansir ARS Technica, Spot, robot berkaki empat yang digerakkan dengan sistem hidrolik ini dibawa ke Quantico untuk menjalani latihan dasar dengan harapan agar mesin ini bisa digunakan untuk mendukung pasukan infantri dalam pertempuran.

"Saya pikir sebuah robot seperti Spot mempunyai banyak kemampuan yang bisa dimanfaatkan oleh marinir, seperti melakukan pengintaian atau membawa beban," ujar Ben Swilling kepada IGN.

"Robot tidak bisa ditembak dan robot tidak bisa mati. Jika kita mengirim seorang prajurit ke medan yang berbahaya, kita tidak ingin siapapun untuk cedera," lanjut Swilling.

Sebuah tim dari Defense Advanced Research Project Agency akan melakukan evaluasi terhadap robot anjing ini dalam waktu sepekan. Ada beberapa robot lain yang dilatih sebelum Spot, termasuk GUSS sebuah kendaraan otomatis, dan sebuah drone amfibi bernama GuardBot. Spot, menjadi robot yang prospektif di medan tempur karena ringan (hanya 73 kg), lebih cepat, dan bisa bergerak di berbagai jenis medan.

Selama masa uji coba yang keras bersama pasukan marinir, robot melakukan manuver untuk melewati berbagai rintangan, berlari melintasi perbukitan, menembus hutan belukar dan juga menjelajahi jalanan perkotaan.

Pasukan marinir dan para ahli robot berharap Spot dapat difungsikan dalam pertempuran untuk menjelajahi wilayah yang berbahaya, sementara prajurit berdiri sekitar 150 meter darinya untuk memandu robot menggunakan sebuah laptop.

"Spot itu hebat dan melampaui capaian yang kami harapkan. Kami melihatnya mempunyai potensi besar sebagai bagian dari infantri masa depan," kata kapten James Mineiro dari Marine Corps Warfighting Lab.

"Kami ingin terus bereksperimen dengan robot berkaki empat dan menemukan cara yang bisa dimanfaatkan untuk memperkuat kemampuan marinir dalam bertempur," lanjutnya.

Marines testing Spot, the four-legged robot© SciNews



RE



Post a Comment Blogger

Beli yuk ?