GuidePedia

0
Susunan lengkap kerangka Dinosaurus Ava (Rocky Mountain Dinosaur Center)

Bayi ceratops yang unik dan imut, Ia diyakini hidup sekitar 75 juta tahun lalu, dan berusia 3 atau 4 tahun ketika ia mati.

Belakangan ini, fosil dan fragmen baru dari dinosaurus yang telah punah kerap ditemukan. Sekali waktu, sebuah susunan tulang belulang lengkap memberikan kesempatan bagi para ilmuwan untuk mengidentifikasi spesies baru.

Fosil seekor dinosaurus mungil yang ditemukan di formasi Sungai Judith di Montana bisa jadi merupakan salah satu terobosan bagi para ahli paleontologi di Colorado.

“Saya telah bekerja pada bidang ini selama 30 tahun, dan setiap tahunnya, kami menemukan hal baru dan istimewa,” ujar Michael Triebold, Direktur Triebold Paleontology, Inc dan pendiri Rocky Mountain Dinosaur Resource Center kepada CBS News.

Fosil milik seekor dinosaurus mungil mirip triceratops ini hampir lengkap susunannya ketika ditemukan. Banyak yang lebih mengejutkan para peneliti, ada juga beberapa jaringan lunak mumi yang selamat di sekitar daerah pinggul.

Setelah lebih dari tiga tahun, ahli paleontology merekonstruksi bentuknya dan membuat replica utuh untuk dipamerkan menggunakan pemindai laser dan cetakan 3D untuk mengisi beberapa bagian yang hilang.

“Ia benar-benar dinosaurus yang imut, seandainya dinosaurus memang bisa imut. Dinosaurus ini sekilas tampak seperti triceratops mini, namun tanpa tanduk di hidungnya,” kata Triebold.
Tengkorak Dinosaurus Ava (Rocky Mountain Dinosaur Center)

Ia menambahkan bahwa ketika mereka menyadari betapa miripnya dinosaurus itu dengan kerabat triceratops yang disebut Avaceratops, mereka memutuskan untuk menamainya ‘Ava’.

Ava benar-benar bayi ceratops yang unik, diyakini hidup sekitar 75 juta tahun lalu, dan berusia 3 atau 4 tahun ketika ia mati.

Menurut para ilmuwan, tak ada dinosaurus lain yang diketahui mirip Ava. Meski memiliki kemiripan dengan tengkorak triceratops, tapi jenis ini tak memiliki tanduk di hidungnya.

Ava belum memiliki nama ilmiah. Replikanya diresmikan Rabu lalu dan dipamerkan di Rocky Mountain Dinosaur Center di Woodland Park, Colorado.

(Lutfi Fauziah/Sumber: CBS News)
Sumberlanjutin di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?