GuidePedia

0
Foto: kuliner.ilmci.com

Jakarta - Arem-arem mie bisa jadi pilihan menu buka puasa. Mengganti beras dengan mie bisa jadi alternatif lezat. Selain mengenyangkan, camilan ini juga bergizi karena menggunakan daging dan sayuran.

Tidak sulit membuat arem-arem mie. Bahannya juga mudah ditemukan. Seperti mie, santan, wortel, buncis dan lainnya. Racik arem-arem mie dengan langkah ini.


1. Siapkan bahan

Untuk membuat arem-arem mie diperlukan 200 gr mie kering seduh air mendidih diamkan hingga lunak, tiriskan, 1 butir telur kocok, 150 ml santan dari 1/4 butir kelapa, 1 sdt garam, 1/2 sdt merica bubuk, daun pisang untuk membungkus.

Isi arem-arem terdiri dari 5 siung bawang putih haluskan, 200 gr daging sapi giling, 50 gr wortel potong dadu kecil, 50 gr buncis iris tipis, 2 batang daun bawang, 2 seledri, 1 sdt garam, 1/2 sdt merica, 1 butir telur kocok cepat, 125 ml santan dari 1/4 butir kelapa.


2. Buat adonan

Aduk telur kocok dengan santan. Tambahi garam dan merica. Lalu masukkan mie, aduk hingga tercampur rata, sisihkan.


3. Buat isian

Tumis bawang putih hingga harum. Tambahkan daging, aduk sampai daging berubah warna. Kemudian masukkan wortel, buncis, daun bawang, dan seledri. Bubuhi garam dan merica, aduk rata. Masukkan telur kocok, aduk cepat. Tuangi santan, campur kembali hingga rata. Masak sampai kuah santan mengering.


4. Penyelesaian

Ambil selembar daun pisang, ratakan 3 sdm mie dan beri adonan isi di bagian tengah. Tutup adonan isi dengan mie. Bungkus daun pisang seperti lontong. Kemas kedua ujungnya dengan lidi. Kukus selama 30 menit.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?